Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 10 April 2022 | 11:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara menggunakan Rumus Akar Kuadrat di Excel dengan mudah. Tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Microsoft Excel berikut ini.

Bagi kamu yang sering bekerja dengan Microsoft Excel, mungkin cukup repot jika menggunakan hitung manual untuk membuat suatu perhitungan akar kuadrat. Nah, tau ga sih kamu kalo Rumus Akar Kuadrat di Excel itu ada dan dapat kamu gunakan?

Hitungan akar adalah rumus operasi matematika yang merupakan kebalikan dari rumus pangkat. Sebagai contohnya adalah akar 16 merupakan hasil dari hitungan 4 pangkat 2.

Microsoft Office Excel merupakan salah satu perangkat komputer yang memang diperuntukan untuk membuat data tabel dan perhitungan dengan rumus matematika.

Dan salah satu rumus yang dapat kamu gunakan dalam aplikasi Excel ini yaitu menghitung akar kuadrat dari sebuah bilangan.

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Kamu dapat menggunakan rumus ini dengan menginput rumus dengan menggunakan syntax atau simbol tertentu dan diikuti dengan nominal yang hendak kamu akar kuadrat kan.

Terdapat dua cara menghitung dengan rumus akar kuadrat di excel ini. Berikut adalah tutorial Microsoft Excel yang telah dirangkum tim HiTekno.com:

1. Cara Menghitung Akar Kuadrat Menggunakan Rumus Syntax SQRT

  • Bukalah lembar kerja Excel kamu
  • Siapkan Data Angka Yang Akan Dihitung akar kuadratnya, kamu dapat mengambilnya dari data sebelumnya ataupun mengetik ulang pada cell tertentu semisal cell C11
  • Pada Cell yang hendak kamu ketahui hasil akar kuadrat cell C11, (semisal D11) kamu dapat menuliskan rumus syntax "=SQRT(C11)" tanpa tanda kutip lalu enter untuk melihat hasil akar kuadrat dari angka yang ada pada cell 11.
  • Rumus Syntax =SQRT ini hanya berlaku untuk hitungan akar kuadrat, selain akar kuadrat seperti akar pangkat 3 atau akar pangkat 4 kamu tidak .

2. Cara Menghitung Akar kuadrat Menggunakan Simbol

  • Bukalah lembar kerja Excel kamu
  • Siapkan Data Angka Yang Akan Dihitung akar kuadratnya, kamu dapat mengambilnya dari data sebelumnya ataupun mengetik ulang pada cell tertentu semisal cell C22
  • Tulis syntax =C22^(1/2), C22 adalah angka yang akan kamu hitung akar kuadratnya, kemudian angka "2" sebelum kurung tutup adalah penyebut dari akar kuadrat. Lalu tekan enter untuk memunculkan hasil dari Akar Kuadrat nilai angka di cell C22
  • Kamu dapat mengganti angka "2" pada syntax itu dengan angka lainnya untuk mendapatkan hasil akar pangkat lainnya

Microsoft Excel. (Microsoft)

Itulah Rumus Akar Kuadrat di Excel yang wajib kamu ketahui untuk mempermudah perhitungan matematika mu pada lembar kerja. Sekarang kamu gak perlu lagi menggunakan kalkulator atau perangkat lainnya untuk membantumu menghitung akar kuadrat.

Bagaimana? mudahkan cara menggunakan Rumus Akar Kuadrat di Excel tersebut? Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas.

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Apa Beda Fungsi SPSS dan Microsoft ke Excel?