Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 11 April 2022 | 17:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara mencari data duplikat di Excel dengan mudah dan praktis. Tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Microsoft Excel berikut ini untuk kamu.

Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa sebagai program pengolahan angka andalan dari Microsoft, program Microsoft Excel sudah pasti dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bisa memudahkan kamu terutama dalam hal mencari dan menganalisa data secara visual.

Termasuk bisa meminimalisir adanya kemungkinan data yang sama atau data duplikat pada dokumen yang kamu buat. Dan salah satu cara mencari data duplikat di Excel yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan fitur conditional formatting.

Fitur Conditional formatting sendiri merupakan salah satu fitur pada program microsoft excel yang digunakan untuk mengubah format cell atau range excel secara otomatis jika memenuhi syarat atau kriteria tertentu.

Jadi dengan menggunakan fitur conditional formatting tersebut maka kamu tidak perlu lagi repot-repot memeriksa data satu per satu secara manual sehingga sudah pasti akan memakan banyak waktu dan juga tenaga kamu.

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Lalu untuk cara mencari data duplikat di Excel dengan menggunakan fitur Conditional formatting bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Blok semua rentang data pada dokumen Excel kamu yang ingin kamu cari data duplikatnya
  2. Kemudian pilih menu Home dan klik pada opsi Conditional Formatting
  3. Pada menu dropdown Conditional Formatting, klik pada menu Highlights Cells Rules dan pilih Duplicates Values
  4. Maka akan muncul Option Box Duplicates Values, pilih opsi Duplicate dari menu dropdown kemudian pada kolom Value with pilihlah warna sorot yang ingin kamu gunakan untuk memberikan tanda pada nilai duplikat yang ada di data yang sudah kamu blok sebelumnya
  5. Selanjutnya klik OK dan setelah itu program microsoft Excel akan memberikan tanda warna pada cell yang memiliki nilai sama atau memiliki data duplikat
  6. Selesai! Sekarang kamu bisa menyimpan semua perubahan yang terjadi pada dokumen kamu

Itulah cara mencari data duplikat di Excel yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengelola data dan melihat apakah ada data yang sama pada dokumen yang telah kamu buat. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Cara Memunculkan Tutorial Rumus di Microsoft Excel