Kamis, 29 September 2022
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 13 April 2022 | 13:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebagai imbas sanksi dari Amerika Serikat, Huawei diketahui memilih untuk mengembangkan sistem operasi buatan perusahaan, HarmonyOS. Versi terbarunya yaitu HarmonyOS 3.0 diprediksi siap meluncur dalam waktu dekat.

Bocoran mengenai HarmonyOS 3.0 datang dari akun tipster Weibo Changan Digital King. Sesuai detail yang diberikan oleh tipster, Harmony OS 3.0 versi stabil diprediksi bakal meluncur pada September 2022.

Versi betanya dapat diakses pada Mei 2022. Perlu diketahui, versi sebelumnya yaitu HarmonyOS 2.0 dikenalkan pada Juni 2021. Ekosistem untuk versi tersebut sudah mencapai 100 juta unit yang terkoneksi.

Dikutip dari Gizmochina, Huawei 3.0 memiliki UI yang ditingkatkan dan kinerja lebih baik. Namun, itu tidak datang dengan perubahan signifikan pada tampilan dan nuansa OS.

Aplikasi lain yang menyertainya seperti ArkUI juga telah dirilis. ArkUI adalah lingkungan UI deklaratif untuk membangun aplikasi menggunakan TypeScript atau JavaScript.

Bocoran HarmonyOS 3. (Weibo)

Huawei Mate 50 diprediksi menjadi model pertama yang menerapkan HarmonyOS 3.0. HP flagship perusahaan ini dispekulasikan dapat debut pada awal kuartal ketiga 2022.

Melalui Huawei Developer Conference pada Q4 2022, perusahaan saat itu mengumumkan bahwa lebih dari 150 juta perangkat (termasuk tablet, smartphone, dan smartwatch) telah menggunakan HarmonyOS.

Perusahaan mengklaim bahwa angka itu menjadikan OS mereka memiliki pertumbuhan tercepat dalam sejarah. CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu, juga mengungkap bahwa HarmonyOS 3 Developer Preview sedang dirilis.

Ilustrasi HarmonyOS. (Huawei via NokiaMob)

Ini bertujuan dalam meningkatkan tiga arah core yaitu arsitektur sistem, super terminal, dan penggunaan multi-perangkat dalam ekosistem yang sama. Perusahaan memang berambisi melebarkan sayap agar sistem operasi mereka tak sebatas smartphone, melainkan mendukung ekosistem IoT.

Huawei sejauh ini mengaplikasikannya pada smartphone, tablet, smartwatch, smart TV, router, dan masih banyak lagi. Mereka sebelumnya bahkan menargetkan bahwa ratusan juta perangkat bisa terhubung dengan HarmonyOS.

BACA SELANJUTNYA

Perluas Jangkauan Konsumen, Hadir Huawei Authorized Experience Store Baru