Kamis, 29 September 2022
Agung Pratnyawan : Kamis, 21 April 2022 | 13:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perbedaan Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13 menarik untuk diperbincangkan. Cek HP Samsung mana yang paling menarik dan cocok untuk kamu di antara kedua HP Rp 2 jutaan ini.

Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13 rilis pada tahun yang cukup jauh. Samsung Galaxy A12 rilis pada tahun 2020 dan Samsung Galaxy A13 rilis pada tahun 2022. Kedua HP Samsung ini hadir untuk meramaikan pasar segmen kelas menengah.

Perbedaan Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13 jika dilihat dari segi harga tentu Samsung Galaxy A12 lebih murah. Keduanya diklaim memiliki performa gahar di kelasnya. Dari segi desain, keduanya memiliki tampilan yang elegan dan menyasar pada kalangan muda. Dari segi desain Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13 sebenarnya tidak banyak perbedaan yang dimiliki.

Ukuran dari A12 memang lebih kecil dibandingkan dengan A13 meskipun untuk komponen lainnya tidak ada perubahan yang signifikan. Samsung Galaxy A12 terasa lebih berat dibandingkan dengan Samsung Galaxy A13 ketika dipegang. Sementara untuk bahan yang digunakan dalam membuat produknya masih sama yakni glass front, plastic back and plastic frame.

Bahan ini memungkinkan HP Samsung tersebut tidak mudah panas meskipun belum dibekali dengan anti debu dan air di dalamnya. Samsung Galaxy A12 ini tersedia dalam tiga varian warna, yakni Hitam, Biru, dan Putih. Sementara Samsung Galaxy A13 ini tersedia dalam tiga varian warna, yakni Hitam, Biru, dan Peach.

Lantas bagaimana perbedaan dari Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13 ini? Berikut perbedaan Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13 yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Spesifikasi Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13

Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13. (HiTekno.com)

Dari segi layar keduanya kompak dibekali layar dengan desain infinity-V alias layar dengan poni berbentuk tetesan air (waterdrop). Samsung Galaxy A12 mengusung layar PLS IPS berukuran 6,5 inch HD+. Sementara Samsung Galaxy A13 hadir dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar, yaitu 6,6 inci.

Resolusi layarnya juga lebih mumpuni, yaitu Full HD Plus (2.408 x 1.080 piksel). Keduanya sudah dilindungi Gorilla Glass 5. Samsung Galaxy A12 dibekali dengan MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm) untuk tipe chipsetnya. Tipe ini berada di bawah seri yang digunakan oleh A13. Hanya saja, untuk penyimpanan lega seperti RAM 4 GB + 128 GB dan RAM 6 GB + 128 GB.

Sementara Samsung A13 didukung dengan Exynos 850 untuk chipset dengan penyimpanan mencapai RAM 6 GB + 128 GB juga RAM 4 GB + 128 GB, bahkan masih dibekali dengan memori slot yang mencapai ukuran yang dibutuhkan. Perpaduan ini menyebabkan kinerja dari Samsung A13 memang cukup cepat dalam menampilkan dokumen dan perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Kamera dan Fitur Lain Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13

Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13. (HiTekno.com)

Di sektor kamera, Samsung Galaxy A12 dibekali dengan dua tipe kamera yang berbeda, untuk kamera depannya menggunakan tipe tunggal dengan resolusi sekitar 8 MP, f/2.2. Sementara itu, untuk kamera belakangnya sudah menggunakan tipe quad dengan masing-masing fungsi yang krusial di dalamnya.

Selanjutnya untuk Samsung Galaxy A13 juga menggunakan dua tipe kamera yang berbeda di dalamnya. Untuk kamera depannya menggunakan tipe tunggal dengan resolusi sekitar 8 MP, f/2.0, (wide). Sementara untuk kamera belakangnya menggunakan quad kamera. Tentunya dengan masing-masing fungsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kamera belakang Samsung Galaxy A12 dibekali 48 MP f/2.0 PDAF 26mm (wide), 5 MP f/2.2 123(ultrawide), 2 MP f/2.4 (macro), 2 MP f/2.4 (depth). Sedangkan Samsung Galaxy A13 berisi 50 MP f/1.8 (wide); 5 MP f/2.2 (ultrawide); 2 MP f/2.4 (macro); 2 MP f/2.4 (depth).

Selain itu, Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13 5G juga menyematkan fitur-fitur yang menarik dalam smartphone terbaik ini.

Samsung Galaxy A13 dan Samsung Galaxy A12 ini sama-sama dibekali dengan tipe dan kapasitas baterai berupa Li-Po 5000 mAh, non-removable. Kapasitas ini dirasa sudah cukup mumpuni untuk memberikan daya pada smartphone ketika digunakan untuk berkomunikasi maupun bermain aplikasi di dalamnya.

Kapasitas ini bisa bertahan sampai dengan 8-10 jaman sesuai penggunaan. Bedanya dalam pengisian daya, Samsung Galaxy A12 mendukung fast charging 15 watt. Sedangkan Samsung Galaxy A13 mendukung fast charging 25 watt.

Fitur lainnya, Samsung Galaxy A12 dibekali dengan beberapa fitur tambahan berupa fingerprint (side-mounted), accelerometer dan virtual proximity sensing. Fitur ini membantumu untuk mendapatkan sisi keamanan yang lebih baik dan proses permintaan yang lebih cepat dari sensor yang dimiliki

. Sementara Samsung Galaxy A13 punya fitur yang lebih banyak. Fiturnya berupa fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, compass, barometer dan virtual proximity sensing.

Dari segi harga Samsung Galaxy A13 memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal, yakni sekitar Rp2,5 jutaan, sementara untuk Samsung Galaxy A12 bisa dibeli dengan harga yang lebih murah, yakni sekitar Rp2,1 jutaan. Kamu bisa mempertimbangkan sendiri fitur dan spesifikasi yang dibutuhkan antara keduanya.

Itulah perbedaan Samsung Galaxy A12 vs Samsung Galaxy A13, dua HP Samsung yang hadir dengan harga terjangkau. Pilih mana antara dua HP Rp 2 jutaan ini?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G, Hadirkan Fitur Menarik di Kelas Midrange