Jum'at, 07 Oktober 2022
Agung Pratnyawan : Rabu, 27 April 2022 | 17:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dell Technologies mengumumkan perluasan solusi edge untuk membantu para pelaku usaha ritel mendapatkan manfaatnya. Yakni melalui Retail Edge membantu para pelaku usaha ritel menyederhanakan infrastruktur edge.

Retail Edge membantu para pelaku usaha ritel menikmati lebih banyak manfaat dan bisa menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik dari data yang dihasilkan di lokasi-lokasi ritel.   

Mulai dari barang kebutuhan sehari-hari dan layanan pengambilan barang di lokasi ritel hingga pengalaman checkout tanpa hambatan dan mencegah barang hilang, peritel telah menggunakan teknologi edge untuk mengimbangi permintaan industri dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

Studi terbaru yang dilakukan oleh 451 Research, salah satu bagian dari S&P Global Market Intelligence, yang ditugaskan Dell, menemukan bahwa pertumbuhan permintaan tersebut akan terus berlanjut dengan 77% peritel berencana untuk meningkatkan pengunaan edge secara signifikan dalam dua tahun ke depan.

Namun, tanpa suatu pendekatan holistik, teknologi-teknologi baru yang diterapkan di cakupan geografis dan lokasi yang luas akan menghasilkan solusi yang kompleks dan terpisah (silo) yang akan meningkatkan biaya manajemen TI yang harus dikeluarkan peritel tersebut.  

"Pelaku usaha ritel semakin mengandalkan teknologi TI dan data di level edge untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih cerdas dan personal yang dapat mewujudkan dampak bisnis yang lebih baik, serta secara signifikan meningkatkan kebutuhan peritel untuk menyatukan teknologi yang sebelumnya terpisah-pisah." ujar Gil Shneorson, senior vice president, edge solutions, Dell Technologies.

"Dell membantu peritel untuk dengan mudah mengkonsolidasikan teknologi-teknologi tersebut agar mereka bisa menganalisa data di tempat data itu dibuat,  mempercepat pengambilan keputusan, dan menghadirkan pengalaman positif di toko bagi pembeli dan karyawan." lanjutnya.  

Kemampuan baru yang diumumkan Dell ini menyatukan berbagai teknologi edge sehingga peritel bisa dengan mudah mengelola dan mengembangkan sesuai kebutuhan infrastruktur mereka, dari pusat data ke edge, dan meluncurkan aplikasi in-store dan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) digital dari mitra-mitranya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja di toko yang lebih baik. 

Menyederhanakan solusi edge ritel untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di toko  

Dell Validated Design untuk Retail Edge menyederhanakan dan mengkonsolidasi infrastruktur dan berbagai aplikasi edge ritel ke dalam stack infrastruktur tunggal untuk penerapan, manajemen dan dukungan yang efisien. Dengan integrasi VMware Edge Compute Stack, solusi ini menyediakan tampilan manajemen tunggal TI edge semua lokasi ritel untuk memantau kondisi kesehatan sistem, membangun dan mengelola berbagai aplikasi di edge dan membantu pengembangan ke situs-situs tambahan sesuai kebutuhan.

Lewat kerja sama dengan Deep North dan platform analisis video cerdasnya, solusi ini mendukung aplikasi berbasis AI yang membantu peritel menggunakan wawasan data untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di toko seperti mengoptimalkan penempatan produk, mencegah kehilangan produk, memonitor inventaris, membantu pembeli menghindari antrean checkout yang panjang, dan mengarahkan karyawan ke lokasi toko dimana bantuan mereka paling dibutuhkan.

"Kami sangat senang platform analisis video secara langsung (real-time) dari Deep North dapat mendukung solusi Dell Validated Design untuk Retail Edge," ujar Rohan Sanil, CEO dan co-founder Deep North.

"Kami berharap, kami dapat membantu pelaku usaha ritel memanfaatkan AI untuk mendapatkan informasi seakurat mungkin tentang jalur belanja (path-to-purchase) di toko dan mengidentifikasi sejumlah peluang untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, serta meningkatkan operasional toko dan meningkatkan penjualan." imbuhnya.   

"Peritel memiliki satu kesempatan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja di toko yang positif, dan mereka harus menyeimbangkannya dengan membantu memastikan mereka memiliki inventaris yang tepat, kesehatan para karyawan dan pelanggan, keamanan toko dan banyak hal lainnya," kata Dave McCarthy, Research Vice President, Cloud and Edge Infrastructure Services, IDC.

"Solusi edge dari Dell ini bisa membantu para peritel, dari kecil hingga besar, mendapatkan akses yang lebih cepat dan mudah ke wawasan secara real-time untuk membantu toko-toko tersebut bisa beroperasi dengan cara-cara yang lebih cerdas untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik" lanjutnya.  

Dell terus meluncurkan inovasi-inovasi edge lainnya di seluruh portofolio infrastrukturnya untuk membantu berbagai organisasi menyederhanakan proses penerapan dan meraih keuntungan yang lebih besar:  

  • Pelanggan dan mitra dapat membuat konsep dan berkolaborasi seputar teknologi dan aplikasi edge di Dell Technologies Customer Solution Centers Innovation Labs. Dengan lab terbaru di Round Rock, Texas, hub-hub kolaborasi ini membantu pelanggan menguji teknologi edge yang ada dan merancang solusi-solusi khusus untuk memvalidasi konsep (proof-of-concept) yang dapat mengelola tuntutan beban kerja unik dari organisasi-organisasi di sektor ritel, manufaktur, kesehatan, dan sektor vertikal lainnya dengan baik. Misalnya, peritel dapat memvalidasi dan menguji solusi pelacakan inventaris sebelum diimplementasikan di lokasi toko untuk penerapan edge yang cepat dan sederhana. 
  • Enterprise SONiC Distribution by Dell Technologies 4.0, sebuah sistem operasi jaringan berbasis open source yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan dan gesit, kini bisa dijalankan di semua pusat data dan hingga ke edge. Dengan switch jaringan yang bisa terhubung ke beberapa lokasi, pelanggan dapat menerapkan, mengelola, dan memantau kondisi edge mereka dengan alat-alat di pusat data yang tidak asing bagi mereka. Solusi baru ini menyederhanakan aktivitas operasional, memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar, dan meningkatkan kapabilitas untuk memastikan keberlangsungan bisnis dan pemulihan bencana. Misalnya, dengan integrasi jaringan tanpa hambatan dari SONiC 4.0, peritel dengan lebih mudah bisa mengelola infrastruktur mereka, mulai dari pusat data ke toko-toko ritel dan lokasi edge lainnya melalui satu fabric terpadu.  
     

Solusi edge untuk peritel ini adalah solusi terbaru dari portofolio edge Dell yang terus berkembang dan melengkapi Dell Validated Design untuk Manufacturing Edge, yang akan segera mendukung Digital Performance Management, solusi berbasis ThingWorx terbaru dari PTC. Layanan Dell ProDeploy dan ProSupport juga bisa membantu para pelaku usaha ritel mempercepat penerapan dan mendukung lingkungan edge mereka dengan lebih dari 60.000 profesional dan mitra khusus yang tersebar di lebih dari 170 negara. 

BACA SELANJUTNYA

Lampaui Apple Safari, Microsoft Edge Jadi Browser Terpopuler setelah Google Chrome