Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 28 April 2022 | 17:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Android 13 diperkirakan akan resmi meluncur secara penuh pada tahun ini. Namun sebelum sistem operasi ini rilis, nama Android 14 lebih dulu bocor ke publik.

Sebagai diketahui, secara publik Google sudah meninggalkan nama atau kode khusus untuk sistem operasi Android. Namun secara internal mereka masih mempertahankan tradisi codename tersebut.

Seperti biasa, Google memakai nama sistem operasi Android dari dessert atau makanan penutup. Di Android 13 nanti, Google akan memakai nama Tiramisu.

Sementara untuk nama Android 14 dilaporkan memakai nama Upside Down Cake atau yang disebut Android U. Diketahui nama ini berasal dari kode Android Open Source Project.

Sayang tidak ada informasi apapun terkait fitur Android 14. Tapi bocoran nama itu menandakan kalau Android 14 sudah dikerjakan Google.

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Kemungkinan informasi terkait Android 14 akan mulai beredar di tahun 2023 nanti, sebagaimana dikutip dari Techradar, Kamis (28/4/2022).

Sebelum kehadiran Android 14, OS Android 13 akan meluncur lebih dulu. Saat ini Android 13 sudah masuk tahap awal preview developer.

Setelahnya, Android 13 akan masuk ke versi lengkap dan baru diluncurkan ke semua pengguna.

Jika Android 12 diluncurkan pada Oktober 2021, kemungkinan Android 13 hadir di bulan yang sama 2022.

Adapun fitur Android 13 yang saat ini sudah diketahui adalah fitur untuk mencegah dibuntuti orang tak dikenal dengan smart tag, opsi baru untuk mengatur notifikasi, hingga fitur Android 13 khusus TV.

Kita nantikan kabar selunjutnya dari sistem operasi Android tersebut. Belum diketahui apa saja pembaruan yang dihadirkan Android 14, mengingat Android 13 saja belum resmi rilis. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Pengguna Android Berbondong-bondong Pindah ke iPhone? Begini Kata Riset