Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 08 Mei 2022 | 14:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mudah dan praktis bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Word untuk kamu.

Ada berbagai macam jenis nomor halaman yang sering digunakan pada sebuah dokumen seperti misalnya i, ii, iii atau I, II, III dan 1, 2, 3.

Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word agar kamu tidak kebingungan disaat ingin memberikan nomor yang berbeda-beda pada setiap halaman di dokumen yang kamu buat.

Nomor halaman biasanya ditempatkan pada bagian header atau footer di dalam sebuah laporan, tesis, karya tulis, makalah, bahkan skripsi.

Selain membuat tampilan sebuah dokumen terlihat lebih rapi, dengan adanya nomor halaman maka bisa memudahkan kamu maupun yang membaca dokumen kamu pada saat ingin mencari halaman tertentu.

Microsoft Word. (Microsoft)

Nah untuk cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah tutorial Microsoft Word di bawah ini :

  1. Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu
  2. Kemudian letakkan kursor pada halaman pertama tempat ingin diletakkannya nomor halaman dan klik menu Insert
  3. Lalu klik menu Page Number dan pilih opsi menu Format Page Numbers untuk mengatur nomor halaman
  4. Di jendela popup, pilih format penomoran yang ingin digunakan seperti misalnya 1,2,3 ; i,ii,iii ; I,II,III atau yang lainnya. Lalu masukkan angka awal yang ingin digunakan pada kolom Start at: jika sudah klik OK
  5. Setelah langkah di atas dilakukan, maka pada dokumen tersebut akan muncul nomor halaman
  6. Letakkan kursor di halaman selanjutnya yang akan dibedakan nomor halamannya dan klik Page Layout
  7. Lalu pilih menu Breaks dan klik pada opsi menu Next Page
  8. Klik nomor halaman yang ingin diubah sebanyak dua kali, kemudian ubah nomor tersebut dengan mengatur Page Number seperti cara sebelumnya yaitu dengan klik Insert dan klik Page Number
  9. Lalu pilih menu Format Page Numbers sekali lagi
  10. Kemudian saat muncul jendela popup, ubah pengaturan ke format penomoran yang berbeda dengan halaman sebelumnya dan klik OK
  11. Selesai! Sekarang kamu telah berhasil membuat setiap halaman pada dokumen Word kamu dengan nomor yang berbeda dan kamu bisa mengulang langkah-langkah diatas pada setiap halaman yang ingin kamu beri nomor berbeda

Itulah cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu lagi membuat nomor halaman berbeda secara manual ya. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas! 

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengganti Background Kertas di Word, Mudah!