Senin, 27 Juni 2022
Agung Pratnyawan : Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagi kamu yang sedang mencari HP baru dengan harga terjangkau, Vivo dan Realme bisa menjadi pilihan. Ada dua HP Snapdragon 778G dari brand tersebut. Yakni Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition. Pilih mana di antara dua HP tersebut? Cek berikut ini perbandingannya.

Perbandingan Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition bisa kamu pertimbangkan jika kamu menjadi produk di kelas mid level dengan performa flagship. Vivo T1 Pro 5G dan Realme GT Master Edition tergolong bersaing ketat menghadirkan pengalaman fotografi yang unggul di pasaran Indonesia.

Perbandingan Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition jika dilihat dari segi harga tentu Vivo menawarkan harga lebih terjangkau. Keduanya diklaim memiliki performa yang unggul di kelasnya. Dari segi desain, keduanya memiliki tampilan yang elegan dan menyasar pada kalangan muda.  

Dari segi desain, Vivo T1 Pro 5G dibuat dengan lekukan 3D yang cukup nyaman saat digenggam. Ini hanya berbobot 180,3 gram dan ketebalan 8,49mm. Cover belakang dibalut dengan Crystalline Matte yang inovatif dan begitu mulus, diklaim desain tersebut memiliki Nano-coating 400 nm yang super kuat, bebas sidik jari, tidak mudah tergelincir dari tangan dan bebas terhadap goresan.

Sedangkan Realme GT Master Edition memiliki bobot seringan 174 hingga 178 gram saja. Tergantung dari opsi warna yang dipilih. Realme menjalin kolaborasi dengan desainer Jepang ternama, Naoto Fukasawa. Varian Suitcase Grey, yang bentuknya menyerupai koper dengan tulisan brand realme di samping kameranya. Untuk varian ini, realme GT Master memiliki bobot seberat 178 gram dengan ketebalan 8,7 mm.

Varian koper tersebut bukanlah satu-satunya opsi warna yang tersedia pada realme GT Master. kamu pun bisa memilih opsi Snow Mountain dengan warna putih salju, serta opsi Dawn dengan warna yang agak keunguan. Dua varian ini memiliki bobot serta ketebalan yang lebih kecil yaitu 174 gram dan 8 mm.

Sama-sama memiliki desain elegan, lantas bagaimana perbandingan Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition ini? Berikut perbandingan Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Spesifikasi Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition

Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition. (HiTekno.com)

Secara dimensi, Vivo T1 Pro 5G tergolong besar di 6,44 inci, beresolusi full HD+, mendukung refresh rate 90Hz, standar HDR10+ dan kecerahan maksimum 1300 nits. Vivo T1 Pro 5G memiliki resolusi layar Full HD+ (1080 x 2404 piksel) pada aspek rasio 20:9. Sementara untuk kerapatan pikselnya, hadir dengan tingkatan sekitar 409 ppi.

Layar yang mengusung desain water drop notch ini menampilkan useable surface yang begitu luas. Ini berkat bezel di sekelilingnya yang dirancang cukup tipis, mencapai rasio bodi-ke-layar hingga sekitar 85,1%. Sedangkan Realme GT Master Edition menawarkan panel Super AMOLED yang punya tingkat kecerahan dan kontras rasio tinggi.

Ukuran layar yang diusungnya adalah 6,43 inci pada resolusi Full HD Plus (1084 x 2400 piksel), menggunakan aspek rasio 20:9 dan memiliki kepadatan piksel sebesar ~409 ppi. Layar tersebut menggunakan gamut warna DCI-P3 100% yang luas, serta mampu menampilkan contrast ratio 5000000:1.

Untuk membuat pengalaman gaming dan navigasi jadi lebih menyenangkan, realme juga membekali smartphone ini dengan laju penyegaran tinggi 120 Hz. Dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz konvensional, layar HP ini mampu hadirkan animasi pergeseran layar 2x lipat lebih mulus. Untuk chipset keduanya kompak dibekali dengan Snapdragon 778G.

Snapdragon 778G sendiri merupakan chipset yang cukup istimewa, mengingat performanya sungguh menyerupai HP flagship. Pada klaster performa, menggunakan tiga inti Kryo 670 Gold berbasiskan Cortex A78 berkekuatan 2.2 GHz. Barulah pada klaster hemat dayanya tersedia empat unit Kryo 670 Silver berbasiskan Cortex A55 berkecepatan 1.9 GHz.

Vivo hanya menyediakan 1 varian RAM dan memori internal, yakni 8/128 GB saja. Meski demikian, Vivo menyematkan fitur Extended RAM, yang memungkinkan kapasitas RAM ditambah sampai 4 GB sehingga totalnya menjadi 12 GB. Sedangkan Realme GT Master Edition dilengkapi RAM 8 GB, dengan pilihan memori internal sebesar 128 GB dan 256 GB.

Kamera dan Fitur Lain Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition

Realme GT Master Edition. (Realme Indonesia)

Dari sektor kamera, Vivo T1 Pro 5G sendiri hadir dengan setup kamera cukup lengkap, karena ia setidaknya menawarkan sensor ultrawide. Sebagai kamera utamanya, tersedia 64 MP Extreme Night Camera dengan bukaan f/1.8 dan focal length 26 mm. Pastinya tersedia juga fitur PDAF di sini untuk mengunci fokus pada subjek secara otomatis.

Pada lensa ultrawide-nya, menggunakan resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2. Lensa ini dapat memuat lebih banyak lagi dalam satu frame, pada bidang luas 117 derajat. Adapun sebagai sensor ketiganya merupakan kamera 2 MP makro (f/2.4). Kamera depannya yang mengusung resolusi 16 MP (f/2.0) juga hadir dengan stabilitas yang baik supaya rekaman video tidak mudah goyang.

Realme GT Master dilengkapi dengan triple camera di belakang. Kamera utamanya menggunakan lensa 6P Sony IMX 682 Exmor RS beresolusi 64 MP, ukuran sensornya 1/1,7 inci, dan bukaan f/1.8, serta berukuran pixel 1.0 mikron. Kemudian ada pendampingnya, yaitu lensa 5P Sony IMX 355 beresolusi 8 MP dengan sudut pandang sampai 112 derajat.

Lalu, lensa ketiga menggunakan sensor macro Omnivision OV02B10 dengan resolusi 2 MP, bukaannya f/2.4, dan mampu menangkap subjek yang ukurannya kecil sampai jarak sedekat 4 cm. Kamera depannya juga bagus, dengan sensor Sony IMX 615 beresolusi 32 MP, sensornya 1/2.74 inci dengan bukaan f/2.5.

Selain itu, Vivo T1 Pro 5G dan Realme GT Master Edition juga menyematkan fitur-fitur yang menarik dalam smartphone terbarunya ini. Vivo T1 Pro 5G hanya dibekali dengan baterai 4.700 mAh saja. Dilengkapi dengan fast charging 66 W yang diyakini dapat memangkas durasi pengecasan baterai dengan signifikan.

Untuk Realme GT Master sudah dibekali dengan baterai yang dapat menunjang aktivitas kamu seharian. Smartphone ini menggunakan baterai Li-Po dengan daya 4.300 mAh. Realme GT Master juga sudah dilengkapi fitur fast charging dengan daya 65 W. Diklaim, pengisian daya dari nol persen sampai baterai penuh, itu cuma membutuhkan waktu 33 menit aja.

Harga Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition

  • Vivo T1 Pro 5G: Rp 4.499.000
  • Realme GT Master Edition: Rp 4.999.000

Itulah perbandingan Vivo T1 Pro 5G vs Realme GT Master Edition. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi untuk pilihan tergantung pada kebutuhan dan budget kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Dapat Peningkatan Kamera, Vivo X80 Pro Plus Hadir dengan Chipset Anyar Qualcomm Ini