Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 26 Mei 2022 | 11:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini merupakan cara mengatur margin di Word yang dapat kamu lakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ke-3. Ikuti tutorial Microsoft Word yang dirangkum tim HiTekno.com berikut.

Kamu dapat mengatur margin lembar kerja Word kamu sesuai dengan keinginan kamu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Margin Word adalah jarak antar tepi dalam sebuah halaman di Microsoft Word yang nanti nya dapat digunakan sebagai batas cetak pada kertas.

Margin Word ini biasanya mendapatkan syarat khusus yang muncul ketika kamu membuat sebuah tugas ataupun pekerjaan akademik semisal Skripsi ataupun makalah.

Dalam aplikasi Word, setiap halaman baru secara otomatis memiliki margin satu inci di setiap sisi lembar kerjanya.

Kamu bisa mengatur margin yang sudah ditentukan sebelumnya, mengatur margin untuk halaman yang berhadapan, memungkinkan ruang margin ekstra untuk menjilid dokumen, dan mengubah cara pengukuran margin sesuai keinginan kamu.

Tenang, mudah bagaimana cara mengatur margin di Word. Berikut ini tutorial Microsoft Word untuk mengartur margin dengan rapi.

Microsoft Word. (Microsoft)

Cara mengatur margin di Word

  1. Buka aplikasi Microsoft Word melalui desktop icon ataupun dari start menu laptop kamu
  2. Buat lembar kerja baru di Microsoft word atau kamu dapat membuka file lembar kerja Word yang sebelumnya sudah kamu kerjakan
  3. Buka menu "Page Layout" atau "Layout" dibagian atas jendela Words
  4. Pilih Margin, setelah itu akan ada pop up baru yang berisikan pengaturan margin
  5. Pada pengaturan Margin, akan ada kolom yang berisikan angka-angka. Kolom tersebut menentukan ukuran margin yang diinginkan di keempat sudut halaman kerja kamu, yaitu atas, bawah, kanan, dan kiri
  6. Jika kamu ingin melakukan custom margin, kamu tinggal memasukkan angka yang kamu inginkan, msal, kamu ingin sisi atas dan kiri memiliki margin 4cm, sedangkan sisi bawah dan kanan memiliki margin 3cm, kamu tinggal masukkan angka yang sesuai di kolom yang sudah disediakan

Nah, itulah cara mengatur margin di Word yang dapat kamu lakukan dengan mudah untuk menyesuaikan tulisan jarak antar tepi lembar kerja kamu ketika nanti di cetak. Mudah bukan tutorial Microsoft Word di atas?

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Word: Tutorial Cara Membuat Tanda Tangan di Dokumen