Selasa, 30 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 04 Juni 2022 | 19:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kamera pernah menjadi barang yang cukup mewah pada puluhan tahun lalu. Sebuah iklan jadul mengenai kamera pada tahun 1970-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan iklan lawas yang pernah dimuat pada surat kabar di tahun 1977.

"Berikut ini adalah salah satu iklan produk kamera Polaroid Pronto di tahun 1977. Harga yang ditawarkan saat itu adalah Rp. 40.000. Kamera ini membuat foto berwarna dalam seketika dengan film SX-70," tulis akun Perpustakaan Nasional.

Iklan lawas itu merupakan arsip sebagai bagian dari Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Perpusnas RI (SKALA Team). Perusahaan mengklaim bahwa produk mereka dapat menghasilkan foto sempurna dan serba otomatis.

Kamera Polaroid merupakan kamera yang dapat menghasilkan foto sendiri di dalam badan kamera setelah pengguna melakukan pemotretan. Produk tersebut biasanya menggunakan film khusus yang dinamakan film polaroid.

Iklan jadul kamera pada tahun 1970-an. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Harganya Rp 40 ribu saja. Tinggal tekan tombol. Fotonya muncul. Kamera Pronto mengerjakan semuanya dengan sempurna dan otomatis, dalam beberapa menit saja. Pencahayaan otomatis. Dalam setiap pak film tersedia baterai. Kokoh kuat. Beratnya hanya 450 gram," bunyi keterangan dalam iklan jadul.

Terdapat netizen yang berpendapat bahwa banderol Rp 40 ribu termasuk mahal pada era 70-an. Pada sebuah iklan lawas yang beredar pada 1977, harga emas per gram dibanderol Rp 2 ribuan.

Dilihat dari situs Goldprice.org dan OnlyGold, harga emas per gram di tahun 1970-an mengarah pada angka Rp 2 ribuan. Jika dihitung berdasarkan nilai emas, banderol Rp 40 ribu ada pada kisaran Rp 20 jutaan di zaman sekarang.

Iklan jadul kamera pada tahun 1970-an. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Harga kamera Polaroid pada saat ini bisa dibeli dengan harga murah yaitu kisaran Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta atau di atasnya. Iklan jadul mengenai kamera Polaroid pada tahun 1970-an memancing beragam komentar dari netizen.

"Mahal banget," kata Tau**q A**ad.

"Pernah pakai, sebelum tukang foto di objek wisata mulai pakai. Fotonya keluar ke depan," komentar H**i Per**na.

"Wah, harganya lebih mahal dari motor," balas Ba**sk*ra. Itulah tadi iklan jadul kamera pada tahun 1970-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan