Kamis, 09 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Minggu, 12 Juni 2022 | 19:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara menghapus file duplikat di Android agar memori tidak cepat penuh? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial HP Android bagaimana menemukan dan menghapus file duplikat.

Hati-hati ya file duplikat yang dibiarkan terus menerus ada di perangkat Android kamu bisa membuat memori penyimpanan kamu jadi lebih cepat penuh loh!

Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara menghapus file duplikat di Android agar memudahkan kamu pada saat mencari file gambar, audio, video, dokumen hingga aplikasi yang duplikat lalu ingin menghapusnya.

Selain itu terlalu banyak file duplikat juga bisa membuat perangkat Android kamu menjadi lemot.

Kamu tidak mau kan hal tersebut terjadi? Itu sebabnya sangat penting untuk kamu mengecek perangkat Android kamu secara berkala apakah banyak file duplikat atau tidak.

Mengecek file duplikat tidak harus kamu lakukan secara manual dengan membuka satu persatu folder yang ada pada perangkat Android kamu dan mencari file yang sama kok!

Cara menghapus file duplikat di Android yang paling mudah yaitu dengan mengandalkan bantuan dari aplikasi tambahan yang diinstall pada perangkat Android kamu.

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa kamu install melalui Google Play Store untuk menghapus file duplikat pada perangkat Android kamu, salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi Search Duplicate File.

Langkah-langkah untuk menghapus file duplikat pada perangkat Android kamu menggunakan aplikasi Search Duplicate File yaitu :

  1. Download dan install aplikasi Search Duplicate File (SDF) pada perangkat Android kamu
  2. Apabila aplikasi tersebut sudah terpasang pada perangkat Android kamu maka kamu tinggal buka aplikasi tersebut
  3. Kemudian pilih lokasi penyimpanan dan tekan tombol Scan yang ada di bagian bawah aplikasi tersebut untuk mencari dan menghapus file duplikat yang ada pada perangkat Android kamu
  4. Setelah itu maka secara otomatis semua file duplikat di lokasi penyimpanan yang telah kamu pilih sebelumnya akan ditampilkan
  5. selanjutnya tekan tombol Delete yang ada pada bagian bawah aplikasi untuk menghapus file duplikat tersebut

Itulah cara menghapus file duplikat di Android yang harus kamu ketahui agar kamu bisa menyimpan lebih banyak file maupun menginstall berbagai macam aplikasi baru di perangkat Android kamu.

Manfaatkan cara menghapus file duplikat di Android tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial HP Android di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

3 Cara Membuka HP yang Lupa Password, Bisa Tanpa Factory Reset