Jum'at, 30 September 2022
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 29 Juni 2022 | 21:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung Galaxy A03s dapat menjadi pilihan menarik di rentang harga Rp 1 jutaan. Berikut tim HiTekno.com akan memberikan review Samsung Galaxy A03s untuk penggunaan sehari-hari.

HP Rp 1 jutaan ini mengusung layar PLS LCD 6,5 inci beresolusi HD Plus (720 x 1600 piksel). Perangkat memiliki chipset MediaTek Helio P35 yang dipasangkan dengan opsi RAM 3 GB atau RAM 4 GB.

Samsung Galaxy A03s menjalankan antarmuka One UI 3.1 Core berbasis Android 11. Smartphone dilengkapi baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 15 W. Pada paket penjualan, kita dapat menemukan sebuah kepala charger dan kabel USB type-C di dalamnya.

Meski hadir sebagai HP murah, perangkat ini ditunjang tiga kamera belakang yang bisa merekam video dengan resolusi 1080p.

Konfigurasi tiga kamera belakangnya mencakup 13 MP + 2 MP macro + 2 MP depth sensor. Poni waterdrop digunakan sebagai tempat kamera selfie 5 MP. Perangkat yang kami uji adalah Samsung Galaxy A03s varian memori 3GB/32GB.

Review Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

1. Spesifikasi Samsung Galaxy A03s

  • Chipset: MediaTek Helio P35
  • CPU: Octa-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memory Internal: 32GB, 64 GB
  • Memory Eksternal: slot MicroSD up to 1 TB
  • Layar: 6,5 inci, PLS TFT LCD, 720 x 1600 pixels
    Dimensi: 164,2 x 75,9 x 9,1 mm
  • Berat: 196 gram
  • Baterai: 5.000 mAh, fast charging 15 watt
  • Port: USB type-C, audio jack 3,5mm Stereo
  • Konektivitas: Dual SIM 4G LTE, Bluetooth v5.0, Wifi 802.11 b/g/n
  • Sensor: Accelerometer, Fingerprint Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor, Side Fingerprint
  • Kamera Belakang: 13 MP f/2.2 + 2 MP f/2.4 macro + 2 MP f/2.4 depth sensor
  • Kamera Depan: 5 MP f/2.2
  • Warna: Hitam, Biru, Putih

2. Desain dan Layar

Review Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

 

HP Samsung Galaxy A03s menawarkan layar yang tergolong luas di kelas entry-level. Layar Infinity-V cukup nyaman saat digunakan untuk menonton streaming video online dan film.

Terdapat modul persegi panjang yang menampung tiga kamera di bagian belakang. Desain modul kameranya datar sehingga kita dapat meletakkan smartphone dengan sempurna di atas meja. Tak ada tonjolan di bagian belakang membuat ponsel ini cukup nyaman ketika dimasukkan ke dalam kantong.

Menurut kami, bodi belakang yang terbuat dari plastik mudah meninggalkan bekas sidik jari. Meski menyasar kelas entry-level, namun desain Samsung Galaxy A03s tak menyuratkan kesan murahan. Bodi perangkat cukup solid dan nyaman saat digenggam.

3. Performa

Hasil benchmark Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com)

Performa Samsung Galaxy A03s cukup mumpuni di kelas entry-level. Chipsetnya tak terlalu kencang, namun tidak lambat juga.

Dapur pacu masih bisa melibas beberapa game populer bergenre MOBA dan Battle Royale. Melalui Geekbench (versi 5.4.4), Samsung Galaxy A03s mencetak skor performa sebesar 171 poin dalam tes single-core dan 842 poin untuk tes multi-core.

Skor AnTuTu Samsung Galaxy A03s (AnTuTu versi 9.4) menyentuh 120 ribu poin. Perangkat mencetak overall score 440 poin dalam Sling Shot Extreme - OpenGL ES 3.1.

Pengaturan grafis Samsung Galaxy A03s untuk main game Mobile Legends dan PUBG Mobile. (HiTekno.com)

Perangkat memiliki antarmuka yang ringan dan mudah dioperasikan. One UI Core menawarkan performa kencang dan ringan di entry-level.

Kami bisa memainkan game Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG Mobile dengan lancar pada Samsung Galaxy A03s. Pengaturan pada Mobile Legends bisa dikustomisasi dengan refresh rate Tinggi dan grafis Tinggi.

Pengaturan grafis Samsung Galaxy A03s untuk main game Free Fire.(HiTekno.com)

Kami masih bisa memainkan game Mobile Legends dengan pengaturan tersebut. Meski begitu, terdapat sedikit lag ketika hero sedang war. Pengaturan untuk main game MLBB dengan lancar ada pada refresh rate Tinggi dan grafis Sedang.

Opsi grafis Ultra tak tersedia pada Samsung Galaxy A03s. Pengaturan grafis pada PUBG Mobile bisa Balanced Medium atau Smooth Medium. Untuk main Free Fire, grafis bisa disetel Ultra dengan resolusi High.

4. Daya Tahan Baterai

Tes ketahanan baterai Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com)

 

Perangkat bisa bertahan seharian dengan baterai 5.000 mAh. Kami bisa menggunakan Samsung Galaxy A03s selama berjam-jam untuk streaming video online.

Dalam varian memori terendah (3GB/32GB), kita menemukan kepala charger 7.5 W saja. Kami membutuhkan waktu 2,5 jam untuk mengisi baterai dari posisi 13 persen ke 100 persen.

Saat menggunakan charger lain dengan spesifikasi 15 W, pengisian baterai secara penuh membutuhkan waktu satu setengah jam. Bermain game Mobile Legends dengan grafis High selama satu jam menghabiskan baterai 12 persen.

Samsung Galaxy A03s. (Samsung Indonesia)

Sementara pengaturan grafis Mid hanya memakan baterai 10 persen saja. Bermain PUBG Mobile selama satu jam dengan pengaturan Balanced Medium menghabiskan kapasitas baterai 14 persen.

Memainkan game Free Fire dengan grafis rata kanan selama 30 menit menyedot baterai 6 persen. Tes PC Mark Work 3.0 Battery Life menghasilkan waktu hampir 12 jam. Samsung Galaxy A03s menawarkan baterai yang bisa bertahan seharian untuk mengakomodasi kebutuhan bermain game hingga aktivitas bermedsos dan menonton streaming online.

5. Performa Kamera

Samsung Galaxy A03s. (Samsung Indonesia)

 

Menurut kami, Samsung Galaxy A03s menghasilkan detail warna yang berkualitas ketika digunakan di luar ruangan. Sensor kamera sangat mumpuni ketika merekam objek dengan kondisi cahaya mencukupi.

Meski begitu, performa kamera nampak pas-pasan atau mungkin di bawah rata-rata ketika mengambil foto dalam kondisi low-light. Kualitas sensor makro juga tergolong biasa-biasa saja. Namun ini bisa dimaklumi karena perangkat termasuk ponsel entry-level. Berikut beberapa foto dari kamera Samsung Galaxy A03s:

Foto outdoor.

Hasil kamera Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Kamera makro.

Hasil kamera Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Foto outdoor.

Hasil kamera Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Foto selfie.

Hasil kamera selfie Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com)

Foto malam.

Hasil kamera Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Foto malam dengan flash.

Hasil kamera Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

 

6. Kesimpulan

Menurut kami, Samsung Galaxy A03s memiliki fitur yang cukup mumpuni di kelas entry-level. Daya tahan baterai juga dapat mengakomodasi kebutuhan harian generasi kekinian.

Perangkat sangat cocok bagi seseorang yang ingin mengincar HP Samsung dengan banderol harga terjangkau. Perangkat dapat mendukung aktivitas belajar online dan mampu memainkan game populer (meski bukan untuk ranah kompetitif).

Samsung Galaxy A03s juga direkomendasikan buat kalian yang akan membelikan ponsel untuk orangtua. UI dari Samsung ini cukup ringan dan mudah dioperasikan jika dibanding antarmuka milik kompetitor.

Review Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Dilihat dari situs resmi, harga Samsung Galaxy A03s varian memori terendah (3GB/32GB) dibanderol sebesar Rp 1.599.000. Model memori tertinggi (4GB/64GB) dapat dibeli dengan harga Rp 1.799.000.

Kelebihan

  • Layar luas
  • Kualitas foto outdoor bagus
  • Baterai bertahan seharian
  • UI ringan dan mudah dioperasikan
  • Desain tak murahan

Kekurangan

  • Foto low-light berkualitas rendah
  • Kualitas audio pas-pasan
  • Pengisian daya sangat lama dengan charger bawaan

Itulah tadi review Samsung Galaxy A03s untuk penggunaan sehari-hari dari tim HiTekno.com, tertarik membeli HP murah satu ini?

BACA SELANJUTNYA

Apakah HP Realme Narzo 50i Prime Cocok untuk Gamer Pemula?