Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 11 Juli 2022 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi Indonesia telah meluncurkan sejumlah robot vacuum atau penyedot debu, salah satunya Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. Lebih lanjut simak review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari HiTekno.com berikut ini.

Seperti namanya, robot vakum dari Xiaomi Indonesia ini dapat digunakan untuk membersihkan lantai. Mulai dari vakum yang berfungsi selayaknya menyapu, dan mop alias mengepel lantai.

Dibekali sensor sampai 25 buah untuk mendeteksi benda-benda dalam ruangan. Masih ditambahkan giroskop dan navigasi dengan bantuan visual untuk mendeteksi tata letak rumah.

Selain bisa dioperasikan dengan dua tombol di sisi atasnya, tersedia aplikasi Mi Home untuk pengaturan yang lebih banyak. Dari penjadwalan hingga informasi pemetaan area rumah.

Desain dan Kelengkapan:

Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (Xiaomi Indonesia)

Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite hadir dengan desain minimalis tapi tetap stylish. Sehingga robot ini cocok dan bisa menyatu dengan desain ruang minimalis.

Robot vakumnya sendiri berbentuk lingkaran dengan ukuran 353 mm x 353 mm, dan ketebalan sekitar 81 mm. Warna Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini hanya tersedia putih saja.

Dalam kemasan juga dilengkapi charging dock berwarna putih juga. Lengkap beserta tanki air dan alat pembersihnya, sehingga lengkap untuk pemakaian dan perawatan.

Tangki air perangkat ini dipasangkan di sisi belakang bawah dengan mekanisme yang memudahkan. Mode vacuum juga tetap bisa berjalan meski tangki air tidak dipasang.

Terdapat dua tombol di sisi atas perangkat, sedangkan bagian belakangnya menjadi pintu untuk mengakses wadah debu. Di sisi depannya terdapat strip hitam yang berisi beragam sensor.

Pengujian:

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (HiTekno.com)

Tim HiTekno.com dalam review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini mencoba di rumah minimalis tipe 30. Terdiri dari dua kamar tidur dan ruang tamu dengan lantai keramik.

Dua kamar tidur masing-masing berukuran 2,75 m x 2,75 m dan ruang tamu berukuran 3x4 m. Dalamnya berisi perabotan seperti lemari pakaian, meja kerja, kursi kerja, dan meja pendek.

Untuk menyapu area tersebut, Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite membutuhkan waktu sekitar 30-35 menit dengan area pembersihan sekitar 17 m persegi.

Sedangkan untuk pel, membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dengan area kisaran 16 m persegi. Sedangkan mode kombinasi vakum dan pel, dibutuhkan waktu 30-38 menit dengan area kisaran 16 m persegi.

Baterai:

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (HiTekno.com)

Untuk vakum mode standar, baterai yang tersisa adalah 65 persen dari 100 persen. Sedangkan untuk mode turbo, dari 100 persen sisa 60 persen. Sedangkan silent masih tersisa 70 persen.

Sedangkan untuk mode pel, hanya menghabiskan 30 persen baterai saja. Sedangkan untuk kombinasi vakum turbo dan pel, menyisakan baterai 55 persen saja. Sedangkan standar dan pel, masih sisa 60 persen.

Untuk pengujian baterai, Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite tergolong hemat. Karena dengan baterai 100 persen, bisa melakukan proses pembersihan dua kali untuk area sekitar 17 m persegi.

Hasil Vacuum dan Pel:

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (HiTekno.com)

Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite menggunakan metode pembersihan zig-zag yang tidak hanya menyasar seluruh ruangan dengan baik. Namun juga lebih cepat dalam membersihkan ruangan.

Soal kebersihan hasil vakum, pada pengoperasian kedua kalinya masih belum tergolong bersih. Terutama pada sudut durangan dan samping-samping perabotan.

Meski dilengkapi penyapu di sisi kanan depannya, masih belum menjangkau sudut ruangan dengan baik. Pada dasarnya, bagian ini ditujukan untuk menarik masuk debu ke bagian bawah perangkat kemudian dihisap.

Namun setelah rutin melakukan pembersihan tiap hari, lantai rumah menjadi bersih. Selama beberapa hari tim HiTekno.com tiap harinya melakukan vakum standar 1x, pel 1x, dan silent 1x.

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (HiTekno.com)

Setelah rutin berjalan empat hari, terlihat lantai bersih dari debu meski rumah ditinggali dan jendela sering terbuka. Selain itu, pada sudut ruang dan samping perabotan jauh lebih bersih.

Tingkat kebisingan dari robot vacuum Xiaomi Indonesia ini tidak bisa dibilang senyap. Karena mode silent pun masih tergolong bising, terlebih mode turbo. Sedangkan untuk mode pel saja cukup tenang.

Namun jika dibandingkan alat penyedot debu konvensional, mode silent Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini jauh lebih tidak mengganggu. Alat konvensional kebisingannya setara mode turbo.

Untuk daya hisapnya, mode silent bisa mengangkat debu-debu halus seperti abu rokok hingga ceceran pasir. Namun untuk ceceran pasir yang lebih kasar tidak terangkat dalam sekali hisap.

Lalu untuk mode turbo, mampu menghisap dengan kuat. Seperti pasir kasar, biji jagung dan ceceran beras, bahkan kapur barus pun bisa terhisap masuk ke dalam penampungan.

Untuk mode pel, tergolong kurang bersih untuk beberapa proses pengepelan. Diduga karena tidak memberikan tekanan cukup ke lantai untuk membersihkan noda.

Aplikasi Mi Home:

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (HiTekno.com)

Dari aplikasi Mi Home tersedia pengaturan tiga tingkatan kebasahan yang diberikan. Untuk mode high, tangki air ini tidak habis untuk lima kali pengepelan.

Aplikasi Mi Home juga memberikan lebih banyak pengaturan. Dari pilihan mode pembersihan, hingga pengoperasian yang bisa dilakukan dari jarak jauh. Ditambah ada penjadwalan kapan saja beroperasi secara otomatis.

Dari aplikasi ini pula, didapatkan informasi denah mana saja yang dibersihkan Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. Juga informasi berapa lama sudah beroperasi, luas area, juga sisa baterai perangkat.

Dalam review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini, tim HiTekno.com mendapati kalau semakin rutin dioperasikan makan semakin optimal dalam membersihkan lantai rumah.

Dalam perawatan, Xiaomi Indonesia menyertakan alat pembersih sikat sisi bawahnya. Juga ada kain pel dan penyapu cadangan dalam paket penjualan.

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite - penampung debu. (HiTekno.com)

Selain itu, tampungan debu perangkat ini mudah untuk dilepas dan dibersihkan. Cukup membuka tutup atasnya saja kemudian lepaskan kotak penampung debu.

Menariknya, setelah setelah menyapu atau mengepel lantai, perangkat ini bakal kembali sendiri ke charging dock. Ia akan scanning dan mencari sendiri jalan pulang.

Begitu juga ketika baterai mulai kritis, akan mencari sendiri untuk pulang ke charging dock dan mengisi daya kembali.

Catatan Tambahan:

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (HiTekno.com)

Sebagai catatan tambahan, perangkat ini mungkin bisa dengan pintar mengenali perabot ruangan yang besar. Namun untuk kaki perabot kecil seperti kursi dan meja sering tertabrak.

Tidak ketinggalan benda transparan seperti galon air yang diletakkan di lantai akan ditabraknya. Beruntung perangkat ini cerdas, setelah menabrak akan mencari jalan lain.

Selain itu, kita harus menyingkirkan dulu dari benda-benda yang bisa mengganggu. Seperti keset, kabel, maupun karpet tipis yang mudah terbawa perangkat.

Juga memastikan ruangan atau rumah tertutup agar tidak kabur ke luar. Dan area sekitar 25 cm dari charging dock tidak harus dibersihkan secara manual pemiliknya.

Kelebihan:

  • Mudah dioperasikan
  • Mudah dalam perawatan
  • Aplikasi Mi Home memberikan pengaturan lebih banyak
  • Makin rutin digunakan makin optimal membersihkan lantai
  • Daya hisap mode Turbo sangat kuat

Kekurangan:

  • Bentuk terlalu besar untuk masuk kolong kursi
  • Mode silent masih tergolong berisik
  • Tidak membersihkan sisi samping charging dock

Harga:

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite - Paket Penjualan. (HiTekno.com)

Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dihargai Rp 2.799.000 saja. Kamu bisa medapatkannya situs resmi Xiaomi Indonesia, beberapa ecommerce populer dan jaringan distribusi Xiaomi lainnya.

Kesimpulan:

Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (HiTekno.com)

Hasil Review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite tim HiTekno.com mendapati kalau robot vacuum ini sangat memudahkan dalam membersihkan lantai rumah dengan baik jika dioperasikan secara rutin.

Namun untuk detail kebersihannya masih harus didukung proses manual, seperti sudut ruang, area yang tidak terjangkau seperti bawah kursi, belakang pintu, dan sekitar charging dock.

Robot vacuum ini cocok bagi pemilik rumah minimalis dengan perabot yang tidak rumit, akan sangat membantu meringankan tugas bersih-bersih lantai.

Itulah review Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari HiTekno.com untuk kamu. Berminat membeli robot vakum penyedot debu dan pel 2 in 1 dari Xiaomi Indonesia ini?

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Indonesia Konfirmasi Peluncuran Redmi Note 13 Series pada 28 Februari 2024