Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 12 Juli 2022 | 12:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ada cara cek RAM HP Xiaomi yang harus diketahui pengguna produk brand satu ini. Karena mengetahui RAM cukup penting, ikuti tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com ini.

RAM memiliki peran yang sangat penting pada HP Xiaomi, oleh karena itu kamu harus mengetahui cara cek RAM HP Xiaomi agar kamu bisa mengatur performa HP Xiaomi kamu. Ikuti tutorial HP Android yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

RAM atau random access memory merupakan tempat penyimpanan memori sementara dari sistem atau aplikasi pada saat sistem atau aplikasi tersebut sedang berjalan, jadi ketika sistem atau aplikasi dimatikan maka memori di dalam RAM akan secara otomatis dihapus.

Kapasitas RAM pada HP Xiaomi cukup beragam mulai dari 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, 12 GB, 16 GB bahkan hingga 18 GB.

Kapasitas RAM pada hp tersebut berpengaruh pada saat melakukan proses data dan perintah yang diberikan, karena semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin besar juga ruang yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi untuk proses multitasking sehingga kinerja hp dalam menjalankan program secara bersamaan akan semakin baik.

Ada berbagai pilihan cara cek RAM HP Xiaomi yang bisa kamu gunakan, mulai dari melalui tombol menu, melalui menu setting, hingga melalui aplikasi cpu-z.

Redmi Note 11 Pro 5G. (HiTekno.com)

Langkah-langkah selengkapnya untuk mengecek RAM HP Xiaomi yaitu :

1. Cek RAM HP Xiaomi melalui tombol menu

  • Buka HP Xiaomi kamu dan tekan tombol menu yang berada di sebelah kiri bawah
  • Setelah kamu menekan tombol menu tersebut maka pada bagian bawah layar hp kamu akan ditampilkan kapasitas RAM hp yang tersisa dan juga total RAM yang dimiliki oleh HP Xiaomi tersebut
  • Melalui cara ini kamu juga bisa meningkatkan kapasitas RAM di HP Xiaomi kamu dengan cara klik tanda x yang ada dibawah layar HP Xiaomi kamu, setelah itu secara otomatis kapasitas RAM di HP Xiaomi kamu akan langsung bertambah karena seluruh aplikasi yang sedang berjalan tertutup

2. Cek RAM HP Xiaomi melalui menu setting

  • Buka HP Xiaomi kamu dan pilih menu setting atau setelan
  • Setelah menu setting terbuka akan muncul berbagai tampilan menu yang bisa kamu pilih, pilih pada menu tentang telepon
  • Kemudian pilih keseluruhan aplikasi, maka akan muncul spesifikasi HP Xiaomi kamu dan kamu bisa melihat RAM yang dimiliki pada HP Xiaomi kamu di kolom bagian RAM

3. Cek RAM HP Xiaomi melalui aplikasi cpu-z

  • Buka aplikasi google play store pada HP Xiaomi kamu
  • Kemudian cari dan download aplikasi cpu-z
  • Apabila proses download dan instalasi aplikasi cpu-z telah selesai, buka aplikasi tersebut
  • Lalu aplikasi cpu-z tersebut akan meminta izin untuk menjalankan aplikasi, klik izinkan
  • Setelah itu kamu bisa mengakses aplikasi cpu-z pada HP Xiaomi mau untuk melihat secara detail informasi dan spesifikasi tentang HP Xiaomi kamu mulai dari sistem informasi perangkat merek, model resolusi layar, RAM dan penyimpanan, informasi baterai, dan berbagai informasi penting lainnya

Itulah beberapa cara cek RAM HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Sekedar informasi ya, sebenarnya kapasitas RAM yang ideal untuk hp adalah berukuran 4 GB karena HP Xiaomi dengan RAM 4 GB pun sudah memiliki performa yang cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi terkini.

Manfaatkan cara cek RAM HP Xiaomi tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial HP Android di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Dikonfirmasi, Xiaomi 13 Ultra Meluncur ke Pasar Global di Tanggal Ini