Kamis, 29 September 2022
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Akhirnya sistem operasi Android 13 resmi diluncurkan versi publiknya setelah berbulan-bulan Google menghadirkan dalam versi beta dan preview.

Android 13 ini resmi menjalani debut publiknya melalui smartphone Google Pixel lebih dulu sebelum tiba ke HP Android brand lainnya.

Diwartakan Suara.com, sistem operasi Android 13 ini telah teresedia untuk sederet smartphone Google Pixel. Antara lain Google Pixel 6, Google Pixel 6a, Google Pixel 6 Pro, Google Pixel 5, Google Pixel 5a, Google Pixel 4 XL, dan Google Pixel 4a

Dikutip dari Suara.com, Selasa (16/8/2022), setelah Google Pixel barulah sistem operasi ini tiba ke merek lain pada akhir tahun 2022 ini.

Nantinya Android 13 akan muncul di Samsung Galaxy, Asus, HMD/Nokia, iQOO, Motorola, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, vivo, dan Xiaomi.

Salah satu fitur privasi utama Android 13, yakni menambahkan kemampuan untuk menentukan dengan tepat foto, video, dan file audio mana yang dapat diakses oleh aplikasi.

Sebelum perubahan ini, pengguna hanya dapat memberikan atau menolak akses menyeluruh aplikasi ke semua file media di perangkat.

Android 13. (Android)

Perubahan akan membantu pengguna berbagi media tanpa berpotensi mengekspos file yang berisi informasi sensitif.

Setelah pengguna menyalin (copy) file seperti alamat email, kata sandi, atau nomor telepon, sistem akan menghapusnya dari clipboard dalam jangka waktu tertentu.

Hal itu dapat melindungi data sensitif dari aplikasi yang berpotensi berbahaya atau kecelakaan copy-paste.

Pengguna juga akan memiliki kontrol lebih banyak terkait notifikasi.

Saat mereka pertama kali mengunduh aplikasi baru, aplikasi tidak akan dapat mengirim pemberitahuan apapun sampai pengguna mengizinkannya secara eksplisit.

Pemeriksaan keamanan tambahan itu dapat menghentikan aplikasi dari pengguna yang mengganggu.

Selain itu juga, berpotensi melawan aplikasi penipuan yang menggunakan pemberitahuan sebagai vektor serangan untuk meretas HP Android.

Google Pixel 5. (XDA Developer)

Seiring dengan peningkatan keamanan, Android 13 turut meningkatkan cara smartphone untuk terhubung dengan tablet dan Chromebook. Misalnya, pesan dari aplikasi perpesanan dapat mengalir dari HP ke Chromebook.

Perangkat yang menjalankan Android 13 juga dapat menempelkan teks dan media yang disalin ke device apapun yang menjalankan Android 6 atau lebih baru.

Fitur penyesuaian baru lainnya di Android 13 termasuk wallpaper baru, ikon aplikasi, dan opsi bahasa.

Pengguna dapat mengubah pengaturan bahasa per aplikasi, terlepas dari bahasa default sistem.

Android 13 juga dapat menjaga wallpaper, ikon aplikasi, dan pemutar media tetap sinkron secara visual. Android 13 juga mengurangi latensi audio Bluetooth.

Android 13 pun bisa mengenali stylus dan jari pengguna sebagai perangkat input terpisah untuk membuat masing-masing lebih akurat.

Ketika update sistem operasi itu tiba di tablet, fitur akan memungkinkan pengguna menarik dan melepaskan aplikasi apapun ke mode split screen untuk meningkatkan multitasking.

Itulah peluncuran Android 13 ke Google Pixel yang sudah bisa dijajal para pengguna. Sedangkan untuk merek HP Android lain harus bersabar menggung kehadirannya. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Cek Sinyal TV Digital Pakai Aplikasi HP Android, Begini Caranya!