Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 30 Agustus 2022 | 14:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kembali muncur rumor iPhone 14 yang mengklaim akan ada fitur baru dari perangkat Apple ini nanti. Dalam rumor terbaru, disebut-sebut akan disematkan fitur komunikasi satelit baru.

Rumor iPhone 14 ini muncul dari laporan baru dari Ming-Chi Kuo menunjukkan bahwa Apple telah "menyelesaikan pengembangan perangkat keras" dari fitur tersebut.

Namun, masih belum jelas kapan tepatnya fitur baru dalam rumor tersebut akan diluncurkan ke publik.

Ming-Chi Kuo mengatakan di akun Medium miliknya bahwa ia mengharapkan fitur komunikasi satelit akan menjadi hal umum di smartphone dalam beberapa tahun mendatang karena meningkatnya frekuensi bencana alam dan konflik geopolitik dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut analis, Apple telah menyelesaikan pengujian perangkat kerasnya untuk fitur komunikasi satelit pada iPhone 14.

Faktanya, pengembangan perangkat keras yang sebenarnya dari fitur tersebut tampaknya telah selesai untuk iPhone 13.

Tapi, Apple menggunakan pengembangan perangkat keras ini untuk menguji dan menyelesaikan fungsionalitas untuk iPhone 14.

Ilustrasi iPhone 13. (pixabay)

Alasan Apple tidak dapat meluncurkan fitur satelit meskipun pengembangan perangkat keras telah selesai dilaporkan karena "model bisnisnya belum dinegosiasikan."

Ming-Chi Kuo melanjutkan dengan mengatakan bahwa Apple kemungkinan besar akan bermitra dengan Globalstar untuk fungsionalitas satelit di dalam iPhone.

"Pada akhirnya, waktu kapan (atau jika) Apple meluncurkan fitur satelit di dalam iPhone bergantung pada apakah Apple dan operator dapat menyelesaikan model bisnisnya," kata Kuo dilansir laman 9to5Mac, Selasa (30/8/2022).

Tujuan utama fungsionalitas satelit di dalam iPhone adalah untuk mengaktifkan layanan SMS dan suara dalam situasi darurat, di saat kamu kekurangan layanan seluler tradisional.

Bloomberg telah melaporkan bahwa ada dua fitur satelit, satu untuk perpesanan di aplikasi Pesan dan satu lagi yang memberikan mekanisme pelaporan yang lebih langsung untuk keadaan darurat besar, seperti kecelakaan pesawat dan kapal yang tenggelam.

Globalstar mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka telah mengakuisisi 70 satelit baru untuk “mengisi dan memperpanjang umur konstelasi Globalstar yang ada.”

Perusahaan itu mengatakan telah mengakuisisi satelit untuk menyediakan layanan satelit berkelanjutan kepada pelanggan potensial. Bisa jadi itu adalah Apple.

Apple akan mengumumkan iPhone 14 dan iPhone 14 Pro selama acara khusus "Far out" pada 7 September mendatang.

Bahkan, karya seni untuk acara tersebut mungkin mengisyaratkan fitur komunikasi satelit baru.

Itulah rumor iPhone 14 yang mengklaim akan menggunakan fitur baru terkait komunikasi satelit. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif