Minggu, 16 Juni 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 30 Agustus 2022 | 15:57 WIB

Hitekno.com - FlightRadar24 adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau dan melacak penerbangan pesawat secara online. Tapi bagaimana cara pakai FlightRadar24 dengan baik?

Menggunakan aplikasi FlightRadar24, kamu bisa memantau secara online penerbangan pesawat sejak awal terbang sampai mendarat di tujuan akhir.

Lantas, bagaimana cara pakai Flightradar24? Simak ulasan aplikasi FlightRadar24 berikut ini.

Diketahui, Flightradar24 merupakan layanan untuk melacak penerbangan pesawat secara realtime. Adapun data-data dalam Flightradar24 ini berupa jalur penerbangan, tempat keberangkatan, tujuan penerbangan, jenis pesawat terbang, dan data historis penerbangan.

Aplikasi FlightRadar24 mempunyai fitur yang terbuat ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast).

Adapun fungsi data tersebur yakni memberikan data, yang mana memungkinkan penggunanya bisa melacak perjalanan  pesawat dari berbagai wilayah, bahkan juga bisa melacak secara live kondisi lalu lintas di udara. 

Selain melalui ADS-B, data penerbangan pesawat yang ditangkap FlightRadar24 juga diperoleh dari radar otoritas penerbangan sebuah negara, Multilaterasi (MLAT), Satelit, dan FLARM. Sehingga dapat dikatakan data yang termuat dalam FlightRadar24 ini cukup akurat.

Aplikasi Flightradar24. (planet.com)

Lantas, bagaimana cara pakai Flightradar24? Merangkum dari berbagai sumber, simak penjelasanya yang perlu diketahui berikut ini.

Cara Pakai Flightradar24

  • Unduh aplikasi FlightRadar24 melalui Playstore maupun App Store 
  • Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut 
  • Setelah aplikasi terbuka, akan muncul pada layar utama gambar peta dunia dan kondisi lalu lintas udara secara realtime
  • Kemudian klik pada kolom pencarian untuk mulai proses pelacakan penerbangan pesawat 
  • Setelah itu akan muncul rute penerbangan suatu pesawat di peta
  • Dari rute tersebut, pelacakan penerbangan pesawat juga bisa dilakukan
  • Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, klik opsi 'more info' yang ada di bagian bawah  rute penerbangan pesawat 

Namun pada versi gratis, terdapat sejumlah fitur yang tak dapat diakses, salah satunya yaitu data cuaca saat penerbangan. Jika ingin bisa akses semua fitur yang tersedia, maka perlu berlangganan dengan biaya sekitar Rp 469.000 per tahun. 

Sebagai informasi tambahan, cara lacak penerbangan pesawat secara online dengan aplikasi FlightRadar24 ini pernah dicoba menggunakan iPhone iOS 15.4.1. Oleh karena itu, ada kemungkinan letak opsi maupun tahapannya berbeda dengan yang ada di Android.

Jika ingin menggunakan aplikasi ini, pastikan juga jaringan internet lancar agar proses pelacakan tidak terhambat. Demikian informasi mengenai cara pakai FlightRadar24 secara online melalui smartphone.

Itulah bagaimana cara pakai FlightRadar24 dengan baik untuk melacak penerbangan. Semoga aplikasi FlightRadar24 bermanfaat dan selamat mencoba! (Suara.com/ Ulil Azmi)

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif