Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 31 Agustus 2022 | 18:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Truth Social, media sosial buatan Donald Trump dilaporkan mendapatkan pelarangan dari Google Play Store. Kenapa sampai ini terjadi?

Pastinya Google Play Store memiliki alasan khusus sampai melarang peredaran Truth Social melalui distribusi aplikasi tersebut.

Dimuat Suara.com, alasan dari pelarangan aplikasi platform pesaing Twitter itu tidak memiliki sistem yang efektif untuk memoderasi konten pengguna.

Hal itu pun dianggap telah melanggar persyaratan layanan Google Play Store.

"Pada 19 Agustus kami memberitahu Truth Social tentang beberapa pelanggaran kebijakan standar dalam pengajuan aplikasi mereka saat ini, dan menegaskan kembali bahwa memiliki sistem yang efektif untuk memoderasi konten buatan pengguna adalah poin dari persyaratan layanan kami untuk aplikasi apa pun untuk ditayangkan di Google Play," kata Google, dikutip dari CNBC, Rabu (31/8/2022).

Pembatasan itu membuat pengguna HP Android, yang memiliki pangsa pasar 44 persen di Amerika Serikat, tidak bisa mengunduh aplikasi tersebut.

Google tidak akan memunculkan aplikasi itu hadir sampai masalah konten diatasi.

Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)

Truth Social sendiri mengakui kekhawatiran Google itu. Platform media sosial buatan Donald Trump ini juga berupaya menyelesaikan masalah tersebut.

Tapi CEO Trump Media and Technology Group Devin Nunes mengaku sebaliknya. Ia mengatakan kalau hadirnya Truth Social di Android tergantung pada keputusan Google.

"Kapan kami akan tersedia di Android? Nah itu terserah Google Play Store. Kami menunggu mereka untuk menyetujui kami. Saya tidak tahu apakah itu memerlukan waktu lama. Pasti akan menyenangkan jika mereka menyetujui kami," kata Nunes.

Merespons itu, Google mengatakan kalau pernyataan Nunes seolah menggambarkan dialog antara Trump Media dan Play Store.

Maka Google kembali menegaskan kalau Truth Social masih melanggar persyaratan layanan.

Perusahaan milik Sundar Pichai itu juga memberikan solusi untuk memperbaikinya, serta memberitahukan itu ke Trump Media.

Sebenarnya, Trump Media and Technology Group telah menyediakan Truth Social di Android pada awal Agustus. Tapi aplikasi itu baru tersedia dalam bentuk pre-order.

Jadi pengguna Android hanya bisa membuka platform melalui browser, bukan aplikasi. Sementara pengguna iPhone sudah bisa membukanya karena tersedia di App Store milik Apple.

Itulah alasan Google Play Store melarang Truth Social, platform media sosial buatan Donald Trump. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Lihat Goyangan Tubuh Lesti Kejora saat Main Voli, Netizen Malah Ketar-ketir