Senin, 29 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 06 September 2022 | 12:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - USB Promoter Group telah mengumumkan standar USB4 Versi 2.0 baru, dengan klaim kecepatan transfer hingga 80 Gbps.

Dilansir dari GSM Arena, kecepatan transfer ini dua kali lebih ngebut dari versi sebelumnya dari protokol yang sama.

Kabel Tipe-C 80 Gbps aktif yang baru kompatibel untuk digunakan bolak-balik sehingga Anda dapat menggunakannya dengan konektor yang mendukung USB4 1.0, USB 3.2, USB 2.0 dan Thunderbolt 3 dan sebaliknya.

Dengan kata lain, kabel USB-C yang lebih lama akan berfungsi pada port USB4 Versi 2.0 bahkan jika mereka tidak akan memberikan kecepatan tinggi.

USB C atau USB type-C. (Pixabay)

Keuntungan terbesar dari protokol baru ini dapat dimanfaatkan pada sektor display, penyimpanan, serta hub plus dok berkinerja tinggi.

Dengan bandwidth 80 Gbps, Anda mungkin dapat menghubungkan GPU eksternal ke laptop dan mendapatkan pengalaman bermain game seperti desktop dengan sedikit atau tanpa kompromi terkait kinerja.

Selain itu, standar baru ini sangat cocok dengan DisplayPort dan PCIe versi terbaru.

Pembaruan ini secara khusus ditargetkan untuk pengembang saat ini. Pedoman branding dan pemasaran akan diperbarui di masa mendatang untuk menyertakan USB 80 Gbps baik untuk mengidentifikasi produk bersertifikat dan kabel bersertifikat.

Detail lebih lanjut tentang protokol baru akan dibagikan selama konferensi USB Developer Days 2022 pada 1 November.

BACA SELANJUTNYA

Akankah iPhone 15 Pakai USB Type C, Bukan Lagi Lightning Port?