Kamis, 02 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 08 September 2022 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kontraktor pertahanan terbaru yang ikut ambil peran dalam perang Ukraina-Rusia adalah Milrem Eropa.

Dilansir dari Autoevolution, kontraktor Estonia ini merancang drone darat yang disebut THeMIS, yang dikembangkan dengan berbagai tujuan, seperti evakuasi korban bencana atau perang, angkut alat medis dan masih banyak lagi.

Drone ini sudah dikerahkan dalam pelayanan 14 negara, mayoritas dari mereka anggota NATO.

Namun untuk uji yang lebih mumpuni, THeMIS akan dikirim ke Ukraina untuk menguji kemampuan evakuasi korban perang.

Sebagai informasi, THeMIS adalah keluarga kendaraan darat tak berawak (UGV), yang dapat diadaptasi untuk berfungsi sebagai platform senjata.

Walau demikian, varian yang dikirim ke Ukraina adalah jenis 'jinak', dan akan digunakan "untuk evakuasi korban (CASEVAC) dan transportasi pasokan."

Drone darat THeMIS untuk evakuasi. (Autoevolution)

Drone ini dilengkapi dengan peregangan dan dikirim ke organisasi amal Ukraina yang tidak disebutkan namanya, yang anggotanya akan dilatih cara menggunakannya oleh personel Milrem.

"Evakuasi korban merupakan salah satu kegiatan yang paling krusial dan padat karya dalam konflik. Secara tradisional, dibutuhkan beberapa orang untuk membawa tandu dan peralatan medis yang dibutuhkan," kata dalam sebuah pernyataan Kapten Jüri Pajuste, Direktur R&D Pertahanan di Milrem Robotics.

"Namun, hanya perlu satu untuk mengoperasikan UGV, yang dapat menampung beberapa peralatan yang terluka dan banyak. Ini berarti bahwa lebih banyak personel tersedia untuk membantu lebih banyak orang."

Tidak disebutkan bagian medan tempur mana yang akan menjadi lokasi uji drone.

BACA SELANJUTNYA

Event Terbatas Fluffy Fuzzy Time II Tears of Themis Rilis Agustus 2023