Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 25 September 2022 | 17:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Skype sejak lama digunakan sebagai layanan pesan dan telepon, juga tidak ketinggalan untuk video call. Ketahui bagaimana cara video call pakai Skype yang mudah dan praktis untuk digunakan.

Dari beberapa fitur yang dimiliki Skype, video call menjadi salah satu yang banyak digunakan. Karena memberikan kualitas layanan yang handal dan jelas, baik dalam gambar maupun suara.

Berikut ini tiga cara video call pakai Skype seperti dikutip dari HiTekno.com dari Wikihow, Minggu (25/9/2022) .

Metode pertama jika anda menggunakan Skype di Komputer :

1. Masuk ke Skype

Periksa untuk memastikan bahwa kamera Anda bekerja dengan benar.
Di PC, dari menu Peralatan, pilih "Opsi," kemudian klik Umum, pilih "Pengaturan Video."
Di komputer Mac, dari menu Skype, pilih "Preferensi", kemudian klik tab Audio/Video.

2. Pilih kamera

Aktifkan kamera video yang terhubung. Anda akan melihat hasil kamera di jendela. Jika banyak kamera yang terhubung, pilih satu dari menu Kamera.
Kalau anda sudah melakukan sambungan dan verifikasi bahwa kamera bekerja dengan baik, tutup jendela Preferensi.

3. Klik Kontak

Sesudah itu, klik "Online" untuk menampilkan hanya kontak Skype yang bersedia ditelepon. Kalau banyak kontak yang sedang online, anda bisa dengan cepat mencari orang dengan memasukkan nama ke kolom pencarian di sisi kanan atas layar.

4. Mulailah menelepon

Letakkan kursor ke orang yang ingin Anda telepon. Tombol hijau akan muncul pada foto yang bertuliskan "Panggilan Video," dengan ikon kamera kecil di sebelah kiri. Anda akan mendengarkan nada dering sebelum ada orang yang menjawab, atau panggilan berhenti.

Catatan: jika telepon hanya bertuliskan "Panggilan," periksa untuk memastikan bahwa kamera terhubung dan berfungsi dengan benar.

5. Berbicaralah dengan teman anda

Sesudah panggilan terhubung, anda akan melihat foto teman Anda di jendela. Kalau obrolan sudah selesai, klik ikon telepon warna merah di bagian bawah jendela untuk mengakhiri panggilan.

Skype. (Microsoft)

Metode kedua  jika anda menggunakan Skype untuk iOS

1. Aktifkan aplikasi Skype

Ketuk "Orang" untuk melihat semua kontak Anda, kemudian pilih "Kontak Online dari menu Kontak". anda juga bisa mengetikkan nama di kolom pencarian.

2. Ketuk kontak

Cari orang yang ingin anda ajak melakukan panggilan video, kemudian ketuk foto atau nama. Sebuah jendela akan terbuka dengan beberapa tombol.

3. Ketuk Panggilan Video

Ini akan memulai panggilan, menghubungi orang tersebut. Kalau orang yang dituju menjawab, akan ditampilkan dalam layar penuh, sementara foto anda akan menjadi potongan gambar kecil yang bisa anda ketuk dan seret ke mana saja di layar yang menurut Anda nyaman.

Jika anda sedang melakukan panggilan suara dan ingin beralih ke video, ketuk ikon kamera di bagian bawah agar beralih ke video.

Metode ketiga jika anda menggunakan Skype di Android

1. Aktifkan aplikasi Skype

Pastikan anda menggunakan Android 3.0 atau di atasnya, lalu klik tombol menu atau ketuk ikon menu.

2. Pilih "Pengaturan."

Selanjutnya ketuk "Aktifkan panggilan video" untuk memeriksa

3. Ketuk untuk memilih tab Kontak

Cari orang yang ingin anda hubungi. Kalau sudah ditemukan, ketuk fotonya.

4. Ketuk "Panggilan video."

Ini akan menelepon orang itu, memulai panggilan video. Ketuk ikon kamera pada bagian bawah jika anda ingin beralih dari panggilan suara ke panggilan video.

Kendati demikian jika anda mendengar gema suara anda sendiri, maka masalahnya adalah pada pihak penerima. Sebaliknya, jika suara orang lain yang menggema, maka masalahnya ada di pihak anda. Pihak yang menyebabkan gema bisa melakukan beberapa hal: mengurangi volume pengeras suara, menjauhkan mikrofon dari pembicara, atau menggunakan headset atau headphone.

Untuk memastikan kualitas video dan audio terbaik, pastikan tidak ada kegiatan latar belakang seperti mengunduh atau streaming selama panggilan.

Itulah bagaimana cara video call pakai Skype dengan mudah dan praktis di berbagai platform. Selamat mencoba. (Suara.com/ Ummi Hadyah Saleh)

BACA SELANJUTNYA

10 Aplikasi Alternatif WhatsApp yang Aman Digunakan, Ini Opsinya