Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 26 September 2022 | 17:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pemerintah menghadirkan aplikasi PeduliLindungi untuk pelacakan penyebaran Covid-19. Tidak hanya tersedia sebagai aplikasi sendiri, layanan PeduliLindungi ini juga ditemukan dalam aplikasi populer seperti Gojek dan Grab.

Tidak hanya Gojek dan Grab, layanan scan PeduliLindungi tersedia juga di aplikasi populer lain seperti Tokopedia, Shopee dan masih banyak lainnya.

Namun apakah kamu menyadari kalau fitur scan PeduliLindungi telah menghilang dari aplikasi populer seperti Gojek dan Grab tersebut.

Berdasarkan pantauan HiTekno.com, hari ini Senin (26/9/2022), fitur scan PeduliLindungi yang biasanya dipakai untuk check-in di tempat publik kini tak lagi tersedia di beberapa platform populer tersebut.

Himmatul Ulya (26), seorang pegawai swasta asal Jakarta menyadari kalau fitur scan PeduliLindungi itu memang sudah hilang dari beberapa platform sejak tiga minggu lalu.

Ia menyampaikan kalau biasanya melakukan scan PeduliLindungi menggunakan aplikasi Gojek yang terinstal di perangkat miliknya.

"Oh iya di Gojek sudah enggak ada. Dulu biasanya sih memang pakai Gojek, tetapi sekarang ya pakai aplikasi PeduliLindungi," cerita Ulya pada Senin (26/9/2022).

Aplikasi Pedulilindungi.id. (Kominfo)

Ia mengatakan kalau hilangnya fitur scan QR PeduliLindungi dari Gojek membuatnya harus menginstal aplikasi PeduliLindungi. Tapi dirinya menyebut kalau itu justru membuat aplikasi terlalu banyak di smartphone miliknya.

"Kalau fungsinya sama ya kenapa harus ribet pakai aplikasi terpisah. Kan bisa saja digabung seperti aplikasi JKN (milik BPJS Kesehatan: red)," keluh dia.

Ulya mengakui kalau aplikasi PeduliLindungi kerap kali eror dan lag. Dirinya sering kali mendapati aplikasi PeduliLindungi tiba-tiba meminta pembaruan ketika mau scan QR ke suatu tempat.

"Dan kalau tak diperbarui ya enggak bisa dipakai. Tapi pas diperbarui kadang enggak langsung bisa scan juga. Sebab dari aplikasi enggak bisa baca barcode-nya," tuturnya.

PeduliLindungi Terhubung ke Aplikasi Lain

Terhubungnya fitur scan QR code PeduliLindungi ke aplikasi lain pertama kali diumumkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada tahun 2021 lalu. Saat itu fitur sudah tersedia ke lebih dari 50 aplikasi mitra yang dihadirkan secara bertahap.

Melansir laman covid-19.go.id, aplikasi yang menjadi mitra PeduliLindungi di antaranya termasuk Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Living Mandiri, Cinema XXI, Link Aja, Goers, Jaki, Shopee, BNI Mobile, Loket.com, dan Mcash.

"Dalam melakukan integrasi QR Code, sistem keamanan data PeduliLindungi terus ditingkatkan. Tidak ada data pribadi yang disimpan dalam aplikasi mitra, sistem integrasi PeduliLindungi hanya memberikan kode informasi untuk kategori warna," kata Kemenkes pada 9 Oktober 2021 lalu.

Apakah kamu sudah cek layanan scan PeduliLindungi sudah tidak lagi tersedia di aplikasi populer seperti Gojek dan Grab? Atau kamu memang memakai aplikasi PeduliLindungi utama untuk scan QR check in di tempat publik? (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Indonesia Privacy and Security Summit 2023: Tantangan Implementasi UU Pelindungan Data Pribadi