Jum'at, 26 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 27 September 2022 | 15:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di tengah teknologi yang semakin maju, aksi pencurian data pribadi menjadi mimpi buruk untuk siapa saja. Patut diwaspadai, ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum melakukan install aplikasi yang baru saja diunduh dari App Store dan Google Play Store.

Cara ini dibagikan oleh akun @ismailfahmi di Twitter beberapa waktu yang lalu. Memperhatikan hal-hal ini secara perlahan membuatmu lebih hati-hati menjaga keamanan data pribadi.

Menurut founder Drone Emprit ini, karena terlanjur tergiur dengan fitur yang ditawarkan aplikasi membuat pengguna kerap kali lupa dengan informasi-informasi lainnya terkait aplikasi tersebut.

Informas-informasi tersebut salah satunya adalah mengenai keamanan. Tak jarang beberapa aplikasi yang di-install secara gratis justru mengenyampingkan keamanan data pribadi penggunanya seperti alamat hingga password.

Salah satu aplikasi yang memiliki masalah keamanan yang diungkap oleh @ismailfahmi ini adalah Wonder. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di App Store maupun Google Play Store.

Beberapa data yang diakses dengan mudah oleh aplikasi tersebut antara lain lokasi GPS, nama hingga email yang digunakan untuk user log in, purchase history, foto dan video serta beberapa hal yang ditulis oleh pengguna.

Untuk menghindari aksi pencurian data pribadi, sebelum melakukan install aplikasi dari App Store dan Google Play Store, pengguna perlu untuk memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Sebelum melakukan install aplikasi, pengguna perlu untuk memperhatikan kolom Data Safety, Data Shared, Data Collected hingga Security Practices yang biasanya berisi informasi mengenai data apa saja yang dikumpulkan oleh aplikasi tersebut.

Jika dirasa aman dan tidak merugikan, proses unduh aplikasi di App Store dan Google Play Store ini dapat dilakukan. Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk memperhatikan deretan cara di atas ya.

BACA SELANJUTNYA

GrabCar Hadirkan Fitur Mode Hening, Perjalanan Lebih Tenang dan Minim Interaksi