Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 30 September 2022 | 15:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - HP murah dengan RAM dan penyimpanan besar sering menjadi incaran konsumen. Kita perlu berhati-hati karena masih banyak oknum toko online yang menjual HP RAM 12 GB berkualitas abal-abal.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Ade membagikan screenshot penjual yang sedang live di TikTok. Penjual itu menawarkan HP dengan harga sangat murah. Kita bisa melihat penjual memberikan promo potongan harga dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Setelah ditelusuri, akun TikTok @mest**s**p memang menawarkan beragam smartphone dengan merek unik yang dibanderol sangat miring.

Merek yang ditawarkan termasuk Rino 8 dan PQCQ. Meski begitu, banyak netizen yang mencurigai toko online tersebut. Toko online ini menawarkan HP RAM 12 GB dengan harga Rp 1,1 juta.

HP bermerek Rino 8 itu memiliki layar 7,5 inci dengan penyimpanan internal 512 GB. Spesifikasi terlihat cukup mewah. Bahkan ukuran layarnya melebihi dimensi panel tablet 7 inci.

Penjual yang menawarkan HP RAM 12 GB seharga Rp 1 jutaan ini dicurigai netizen. (TikTok via Facebook Ade)

Beberapa netizen mengaku di-mute atau dibisukan selama acara live di TikTok. Berdasarkan pengakuan netizen, mereka di-mute selama live karena mencurigai penjual itu.

Chat dimatikan agar mereka tidak berisik di kolom komentar. Padahal beberapa orang itu hanya ingin memberitahu bahwa penjual itu kemungkinan besar melakukan penipuan.

Mereka menjajakan versi KW dari merek HP populer seperti POCO dan seri Reno milik Oppo. Pada video viral sebelumnya, seorang kurir pernah mencegah tindak penipuan karena pembeli memesan HP RAM 12 GB dengan harga Rp 1 juta. Bisa dipastikan bahwa itu adalah smartphone abal-abal.

Penjual yang menawarkan HP RAM 12 GB seharga Rp 1 jutaan ini dicurigai netizen. (TikTok via Facebook Ade)

Ponsel dengan harga Rp 1 jutaan biasanya menawarkan spesifikasi entry-level. Perangkat biasanya memiliki RAM 3 GB hingga RAM 4 GB di rentang Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Smartphone dengan RAM 12 GB biasanya dibanderol dengan harga Rp 7 juta ke atas. HP yang mengusung RAM 12 GB menyasar segmen flagship dan bukan entry-level dengan harga Rp 1 jutaan.

Merek Rino dan PQCQ juga sangat mencurigakan. Unggahan viral mengenai oknum toko online yang menjual HP RAM 12 GB dengan harga Rp 1 jutaan ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Pembelinya pasti bapak-bapak sama emak-emak yang nggak mudeng HP," pendapat Isw**to**.

"Gue pernah koar-koar juga. Dimatiin langsung sama mod-nya," komentar M*h Zi**n.

"Orang cerdas dibisukan. Yang bodoh dibiarkan nonton sampai endingnya tergoda buat beli," tulis End**g A**ul.

"Ngakak anj*r. Merek Rino. HP mainan badak kali," canda Da**re*a. Itulah tadi postingan viral mengenai penjual HP RAM 12 GB yang dicurigai di TikTok, hati-hati saat menemui toko online semacam ini ya!

BACA SELANJUTNYA

Diskon Xiaomi Indonesia Sambut Libur Sekolah