Rabu, 08 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Minggu, 02 Oktober 2022 | 07:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara blokir email spam di Gmail mudah dilakukan. Ikuti tutorial Gmail yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini untuk meblokir email spam dengan mudah.

Tak bisa dipungkiri kamu sering menggunakan akun Gmail untuk mendaftar akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Dropbox, dan situs web lainnya. Hal ini membuat kotak masuk Gmail dapat dibanjiri oleh email spam yang tidak diinginkan.

Gmail memiliki beberapa fitur bawaan untuk melaporkan email spam. Kamu juga dapat memblokir pengguna yang mengganggu agar tidak mengirim email spam ini dengan menggunakan fitur Blokir atau Laporkan spam Gmail. Fitur ini adalah cara termudah untuk berhenti menerima email spam.

Lalu bagaimana cara blokir email spam? Berikut cara blokir email spam di Gmail yang Tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Blokir Email Spam di Gmail

  1. Jika kamu ingin melaporkan pesan sebagai spam, kamu harus terlebih dahulu membuka email ini seperti biasa.
  2. Sekarang, ketuk menu tiga titik. Kamu dapat menemukan Menu tiga titik di sudut kanan atas pesan.
  3. Kamu akan melihat tombol 'Laporkan spam' pada menu tiga titik. Klik tombol ini dan pesan akan dilaporkan ke Google. Ini juga akan dikirim ke folder spam Gmail kamu.

Catatan: 
Ada juga opsi 'Block Name' yang tersedia di menu tiga titik. Mengklik tombol ini akan memblokir pengguna tersebut. Pengguna dapat memblokir dan membuka blokir pengguna lain di Gmail sesuai kebutuhan.

Ilustrasi Gmail. (Pixabay)

Gmail juga menyediakan filter yang memungkinkan pengguna untuk menyortir email ke dalam folder yang berbeda secara bijak. Folder/filter ini juga merupakan cara yang bagus untuk memblokir email spam di Gmail. Lalu bagaimana cara membuat folder/ filter di Gmail?

Cara Membuat Folder atau Filter di Gmail

  1. Pertama, buka email/pengirim yang membuat spam.
  2. Kemudian klik pada ikon Menu tiga titik dan kemudian pilih opsi "Filter pesan seperti ini".
  3. Kamu akan diarahkan ke popup pencarian lanjutan. Kamu harus mengisi kolom yang diperlukan untuk menyiapkan filter.
  4. Kamu cukup menyertakan semua email dari pengirim tertentu, atau kamu dapat menyertakan subjek, ukuran, atau status lampiran email.
  5. Setelah selesai, ketuk tombol 'Buat filter'.
  6. Sekarang, kamu bisa memilih email yang dirasa spam. Jika kamu yakin setiap email dalam filter tertentu adalah sampah, centang opsi 'Hapus'.

Catatan:
Cara yang lebih aman adalah menggunakan pilihan 'Lewati Kotak Masuk'. Menggunakan opsi ini akan mencegah pesan masuk ke daftar utama pesan. Kamu dapat menggabungkannya dengan 'Terapkan label' dan label yang akan kamu buat, seperti Potensi Spam. Ini akan memungkinkan kamu untuk meninjau email spam tanpa menutupi daftar pesan utama.

Itulah cara blokir email spam di Gmail yang bisa kamu lakukan. Cara ini bisa membantu kamu membersihkan email dan membuat Gmail tidak cepat penuh. Semoga tutorial Gmail di atas bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Dampak Kebocoran Data Kartu SIM dan NIK Bisa Picu Maraknya SMS Spam dan Telepon Penipuan