Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 06 Oktober 2022 | 11:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di tengah proses kembali akui sisi TwitterElon Musk mengungkap ingin membuat aplikasi "segalanya" atau disebut X. Diduga aplikasi X besutan Elon Musk ini akan menjadi pesaing dari WeChat yang ada di China.

Bos Tesla dan SpaceX ini sempat ingin membatalkan proses akuisisi Twitter yang dilakukan beberapa waktu lalau.

Namun kini ia malah bersedia untuk melanjukan rencana awal untuk membeli perusahaan platform media sosial seharga 44 miliar dolar AS tersebut.

Disebutkan karena ia ingin menjadikan akan membuat Twitter sebagai aplikasi X yang dimaksudnya. Aplikasi pesaing WeChat yang mampu digunakan untuk banyak hal.

"Membeli Twitter adalah percepatan untuk menciptakan X, aplikasi segalanya," cuit Elon Musk dilansir laman Channel News Asia, Kamis (6/10/2022).

Konsep aplikasi segalanya atau aplikasi X, sering disebut sebagai "aplikasi super" atau Super App , sangat populer di Asia dan perusahaan teknologi di seluruh dunia telah mencoba untuk menirunya

Super App atau yang disebut Elon Musk sebagai "aplikasi segalanya", telah digambarkan sebagai pisau aplikasi seluler Swiss, menawarkan serangkaian layanan untuk pengguna seperti perpesanan, jejaring sosial, pembayaran peer-to-peer, dan e -perdagangan belanja.

Elon Musk. (YouTube/ The Boring Company)

"Aplikasi besar ini banyak digunakan di Asia karena seluler adalah bentuk utama akses ke internet bagi banyak orang di kawasan itu," tulis Scott Galloway, profesor pemasaran Universitas New York dan pembawa acara podcast teknologi "Pivot," tahun lalu. .

Super App China WeChat memiliki lebih dari 1 miliar pengguna bulanan, menurut satu perkiraan, dan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari di China.

Pengguna dapat memanggil mobil atau taksi, mengirim uang ke teman dan keluarga atau melakukan pembayaran di toko.

Pada 2018, beberapa kota di China mulai menguji WeChat untuk sistem identifikasi elektronik yang akan dikaitkan dengan akun pengguna, menurut South China Morning Post.

Grab, Super App terkemuka di Asia Tenggara, menawarkan layanan pesan-antar makanan, layanan transportasi online, pengiriman paket sesuai permintaan, serta layanan keuangan dan investasi.

Selama sesi tanya jawab dengan karyawan Twitter pada Juni lalu, Elon Musk mencatat, tidak ada yang setara dengan Super App seperti WeChat di luar Asia.

"Pada dasarnya Anda tinggal di WeChat di China," katanya, seraya menambahkan bahwa dia melihat peluang untuk membuat aplikasi semacam itu.

Ilustrasi Twitter. (Unsplash/Sara Kurfeß)

Menambahkan lebih banyak alat dan layanan ke Twitter juga dapat membantu Elon Musk mencapai tujuan pertumbuhannya yang tinggi untuk perusahaan.

Selama Q&A dengan karyawan, Elon Musk mengatakan, dia ingin Twitter tumbuh dari 237 juta penggunanya menjadi "setidaknya satu miliar."

Elon Musk dan anggota lingkaran dalamnya mengirim SMS beberapa kali tentang gagasan menambahkan pembayaran digital ke Twitter, menurut pesan yang dirilis dalam fase penemuan litigasi antara Elon Musk dan perusahaan media sosial.

Itulah rencana Elon Musk membangun Aplikasi X yang akan menjadi pesaing WeChat di China. Akankah ia menggunakan Twitter untuk diubah sebagai Super App. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Dapatkan informasi menarik lainnya melalui Facebook HiTekno.com dalam LINK INI.

BACA SELANJUTNYA

Ketahuan Selingkuh, Nama Syahnaz Sadiqah Rajai Kolom Trending di Twitter