Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 07 Oktober 2022 | 19:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Snapdragon 7 Gen 1 telah digunakan hanya di beberapa ponsel sejauh ini, jauh dari popularitas chip seri 700 yang mendahuluinya. Qualcomm memiliki chip seri 7 baru yang sedang dikerjakan, SM7475, meskipun posisinya dalam keluarga Snapdragon tidak begitu jelas.

Dilansir dari GSM Arena, bisa jadi ini adalah Snapdragon 7 Gen 2 atau bisa diberi label 7+ Gen 1. CPU akan memiliki desain tri-cluster dengan 1x Prime, 3x Gold dan 4x Silver core. Leakster Roland Quandt melaporkan frekuensi inti puncak untuk kluster tersebut.

Inti Utama akan berjalan pada sekitar 2.4GHz, inti Emas akan memuncak pada frekuensi yang kira-kira sama dan inti Perak akan naik ke 1.8GHz. Ini terdengar hampir persis sama dengan frekuensi 7 Gen 1: 2.4GHz Prime, 2.36GHz Gold dan 1.8GHz Silver.

Sayangnya, belum ada detail yang beredar tentang perangkat keras yang sebenarnya.

Jika ini adalah chipset Gen 2, maka besar kemungkinan bahwa chipset tersebut harus menggunakan desain inti baru.

Itu berarti Cortex-A715 untuk inti Prime dan Gold dan A510 yang ditingkatkan untuk inti Perak. 7 Gen 1 menggunakan Cortex-A710 yang lebih lama untuk Prime dan Gold dan A510 untuk Silver.

Dengan asumsi ini adalah inti baru, kita hanya dapat mengharapkan peningkatan kinerja kecil tetapi peningkatan efisiensi yang solid, A715 5% lebih cepat dan 20% lebih efisien daripada A710. Bahkan inti A510 mendapat desain ulang kecil, tidak cukup untuk nomor model baru tetapi 5% lebih efisien.

Snapdragon Summit tahun ini dimulai lebih dari sebulan dari sekarang dan akan membawa Snapdragon 8 Gen 2. Chip seri 7 kemungkinan akan diresmikan di tempat yang terpisah, tetapi kita harus mencari tahu apa yang telah direncanakan Qualcomm segera.

BACA SELANJUTNYA

Komparasi Poco X5 Pro 5G vs Realme GT Master Edition, Mana yang Lebih Oke?