Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 16 Oktober 2022 | 16:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kulkas merupakan salah satu kebutuhan dasar rumah tangga yang harus ada. Kulkas sendiri terdiri dari berbagai merek dan tipe yang manfaatnya untuk mendinginkan makanan atau minuman, agar tetap segar dan bisa bertahan lama.

Untuk yang ingin beli kulkas disarankan memilih kulkas 2 pintu hemat listrik terutama bagi Anda yang memiliki keluarga besar.

Kulkas adalah produk elektronik yang tentu saja tidak selalu lancar penggunaan dan fungsinya. Salah satu masalah yang sering dialami kulkas adalah produk elektronik ini tiba-tiba menjadi tidak dingin.

Perlu diketahui, ada banyak penyebab yang membuat kulkas bisa tidak dingin dan tidak berfungsi normal seperti sedia kala. Apa saja penyebabnya?

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Berikut ini beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang sering terjadi.

Ilustrasi Kulkas. (Pexels)

1. Karet Pintu Kulkas Longgar

Salah satu masalah utama yang menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin pada bagian pintu. Di mana pintu kulkas dilapisi dengan karet elastis yang fungsinya untuk membuat ruangan pendingin dan freezer agar kulkas kedap udara dari luar.

Namun ada kalanya lapisan karet mengalami kering atau longgar sehingga udara ruangan masuk dan membuat suhu kulkas menjadi lebih panas dari biasanya.

Ketika pintu kulkas bagian karetnya longgar cukup berbahaya, karena bisa mempengaruhi kualitas makanan dan ketahanan mesin pendingin.

2. Sering Memasukkan Makanan Panas

Kebiasaan buruk sering menjadi salah satu penyebab mengapa kulkas tidak dingin. Salah satunya adalah ketika Anda sering memasukkan makanan dan minuman dalam kondisi panas.

Adapun suhu panas dari makanan dan minuman yang dimasukkan, akan berpengaruh pada udara dingin pada ruang pendingin di kulkas.

Akibatnya mesin kulkas akan bekerja lebih ekstra untuk menyesuaikan lalu mendinginkan. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka bisa dipastikan suhu kulkas cepat.

3. Peletakan Kulkas Salah

Ada juga penyebab mengapa kulkas tidak dingin karena memilih peletakan kulkas yang salah. Salah satunya adalah dengan menempatkan kulkas bersebelahan dengan benda-benda panas, seperti televisi hingga pemanas rumah.

Bila perlu untuk membuat kulkas aman maka letakkan kulkas di dekat dinding yang terbuat dari tembok bata bukan kaca. Kulkas yang diletakkan dekat dengan tembok kaca akan berbahaya, karena panas matahari ekstrem ikut membuat kulkas cepat panas.

Ilustrasi Kulkas. (Pexels)

4. Terdapat Banyak Bunga Es

Kulkas adalah produk elektronik yang juga harus dijaga agar awet serta dirawat. Untuk itu Anda harus membersihkan kulkas dari yang namanya bunga es yang terlihat mulai bermekaran. Adapun bunga es yang muncul bisa menutupi lubang angin, untuk menghasilkan udara dingin dari mesin kulkas.

Bunga es sering menjadi masalah pada kulkas, maka dari itu penting juga memilih kulkas 1 pintu tanpa bunga es dengan cara membersihkan secara rutin atau mencairkannya menggunakan kipas angin.

5. Freon Habis

Permasalahan pada kulkas yang tidak dingin juga bisa disebabkan karena komponen kulkas yang mengalami masalah. Kulkas adalah produk elektronik yang memiliki banyak komponen di dalamnya salah satunya adalah bagian freon.

Adapun bagian freon ini merupakan senyawa gas atau cairan yang tidak berwarna dan tidak berbau serta tidak mudah terbakar. Namun perlu diketahui bahwa freon punya masa pakai dan perlu diganti bila isi tabungnya telah habis. Ketika freon lupa diganti dan isi cairannya habis, maka bisa menyebabkan kulkas tidak dingin.

Umumnya freon kulkas habis tergantung dari cara Anda merawat kulkas itu sendiri. Rehan bisa habis dalam waktu 5 tahun bahkan lebih.

6. Evaporator Putus

Selain komponen freon perlu juga memeriksa komponen lainnya pada kulkas jika produk elektronik ini tidak dingin. Misalnya saja pada bagian evaporator di mana ketika evaporator rusak atau putus, bisa menyebabkan kulkas menjadi panas.

Evaporator punya fungsi menyalurkan freon untuk mendinginkan kulkas. Jadi ketika komponen evaporator rusak atau bocor, maka freon tidak bisa menyebarkan dingin secara maksimal.

Ilustrasi kulkas. (Pixabay)

Itu tadi beberapa hal yang mungkin saja menjadi penyebab mengapa kulkas tidak dingin.

Bagi Anda yang mengalami kerusakan kulkas dan ingin mengganti dengan kulkas baru karena kulkas lama sudah tidak memungkinkan lagi untuk diperbaiki, bisa dengan mudah mencarinya secara online. Shopee adalah marketplace terbaik untuk mendapatkan produk elektronik seperti kulkas misalnya.

Anda bisa mendapatkan produk kulkas dari merk terbaik dan juga koleksi terbaru. Bisa juga beli kulkas di Shopee berdasarkan kebutuhan dan budget dengan harga murah dan promo menarik.

Anda bisa mendapatkan promo mulai dari diskon, voucher, hingga cashback hanya di Shopee untuk pembelian berbagai kategori produk. Tidak hanya produk elektronik tapi juga semua produk yang dijual.

BACA SELANJUTNYA

Samsung Kenalkan 'Kulkas Ungkep', Inovasi untuk Indonesia