Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 20 Oktober 2022 | 16:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Semangat Microsoft untuk ikutan tempur di segmen mobile agaknya mulai berapi-api belakangan ini.

Tak cuma mencoba masuk dengan gadget unik Microsoft Surface Duo, pabrikan software yang satu ini juga sedang menyiapkan siasat untuk bertarung dengan Google di ranah toko aplikasi.

Dilansir dari Phone Arena, pabrikan yang sempat bersaing di ranah HP melalui Windows Mobile ini bakal bermanuver dengan membangun toko aplikasi seluler Xbox

Microsoft memang punya pendapatan berlebih atas sejumlah besar kekayaan intelektual yang terkait dengan Android dan menghasilkan lebih banyak uang setiap tahun dengan keberhasilan sistem operasi seluler Google, berbeda dengan yang dulu mereka raih pada Microsoft Windows Mobile dan Windows Phone.

Microsoft

Menurut The Verge, Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA) sedang melakukan uji tuntas dalam menyelidiki akuisisi Microsoft senilai $68.7 miliar terhadap pembuat game Activision Blizzard.

Dalam menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh badan regulator, Microsoft menyebutkan bahwa akuisisi tersebut akan memungkinkannya untuk mengambil alih Google Play Store dan Apple App Store.

Tanggapan Microsoft termasuk komentar ini: "Membangun komunitas gamer Activision Blizzard yang ada, Xbox akan berusaha untuk menskalakan Xbox Store ke seluler, menarik gamer ke Platform Xbox Mobile baru.

Namun, mengalihkan konsumen dari Google Play Store dan App Store di perangkat seluler akan membutuhkan perubahan besar dalam perilaku konsumen.

Microsoft berharap dengan menawarkan konten yang terkenal dan populer, gamer akan lebih cenderung untuk mencoba sesuatu yang baru."

Laporan tersebut menyebutkan dua video game populer, Call of Duty: Mobile dari Activision dan King's Candy Crush Saga yang dapat digunakan Microsoft untuk membantunya membangun etalase aplikasi seluler yang dapat bersaing dengan Play Store dan App Store.

Game besutan EA dapat diskon besar hingga akhir pekan. (Xbox Store)

Microsoft, mencatat popularitas game seluler dan pendapatan yang didorong oleh pembelian dalam aplikasi, melihat Apple dan Google menghasilkan banyak uang dan menginginkan bagian dari tindakan tersebut.

Membahas usulan pembelian Activision Blizzard, Microsoft menjelaskan kepada CMA bahwa "Transaksi ini memberi Microsoft kehadiran yang berarti dalam game seluler. Pendapatan game seluler dari divisi King dan judul-judul seperti Call of Duty: Mobile, serta pendapatan tambahan, mewakili lebih dari setengah ... pendapatan pada paruh pertama tahun 2022."

Microsoft menambahkan bahwa "saat ini tidak memiliki kehadiran yang berarti dalam game seluler dan Transaksi akan membawa keahlian yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan, pemasaran, dan periklanan game seluler. Activision Blizzard akan dapat menyumbangkan pembelajarannya dari pengembangan dan penerbitan game seluler ke studio game Xbox."

Sumber: Logopedia

Raksasa perangkat lunak ini telah memasang situs web untuk akuisisi Activision Blizzard dan telah memposting grafik raksasa yang menunjukkan sejarah industri game.

Hasil rekapitulasi menunjukkan penilaian untuk seluruh bisnis game sebesar 165 miliar dolar AS pada tahun 2020 dengan konsol senilai 33 miliar Dolar AS (20% dari pasar), PC senilai 40 miliar dolar AS (24%), dan game seluler senilai 85 miliar dolar AS (51% dari pasar).

Jika Microsoft mendapat lampu hijau untuk menutup pembelian Activision Blizzard, menjadi penantang App Store dan Play Store akan sulit.

Di Android, game yang ditemukan di toko aplikasi seluler Xbox dapat di-sideload di perangkat seluler. Tapi itu masih tidak akan berfungsi di iOS di mana eksosistem 'berdinding' Apple mencegah pengguna melakukan sideloading aplikasi atas nama keamanan.

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Plan Indonesia dan Microsoft, Luncurkan Program AI TEACH for Indonesia