Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 25 Oktober 2022 | 15:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara membuat Grup Telegram ini mudah kamu lakukan sendiri. Ketika WhatsApp down, kamu bisa mengalihkan komunikasi melalu Telegram sebagai aplikasi chat.

Dalam aplikasi chat ini, kamu juga bisa membuat grup selayaknya dengan WhatsApp. Fitur grup Telegram juga dengan mudah kamu biat sendiri langsung dari aplikasi tersebut.

Bahkan fitur grup Telegram tidak kalah dengan Grup WhatsApp. Sehingga kamu bisa tetap menghandalkan aplikasi Telegram ketika WhatsApp dwon atau bermasalah.

Memanfaatkan cara membuat grup Telegram ini, bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah yang mudah dan cepat. Manfaatkan tutorial Telegram yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Fitur Grup Telegram

Aplikasi Telegram. (Telegram)

Grup Telegram sangat cocok untuk kamu yang ingin berkumpul bersama teman – teman kamu untuk tetap bisa saling berkomunikasi walau tidak bertatap muka langsung.

Dengan membuat grup Telegram kamu bisa membuat obrolan lebih terstruktur karena grup di dalam Telegram terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu Grup Pribadi, Super Grup Pribadi dan Grup Super Publik. Yang membedakan dari ketiga jenis grup Telegram tersebut adalah metode akses dan kebebasan mengidentifikasi grup oleh pengguna.

Grup Pribadi adalah sebuah grup chat multi pengguna yang bisa menampung sampai 100.000 anggota pada saat yang sama. Untuk masuk menjadi anggota grup pribadi Telegram, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu oleh admin dan oleh anggota yang telah mempunyai izin konfigurasi.

Untuk bergabung dengan Super Grup Pribadi, kamu harus menerima undangan berupa tautan yang dibuat oleh admin tersebut kemudian admin akan menambahkan kontak kamu ke dalam grup.

Perbedaan Chat Super Grup Pribadi dengan Chat Grup Pribadi adalah adanya admin yang bisa memoderasi dengan memasang pin atau menghapus pesan.

Terakhir, ada Grup Super Publik. Karakter grup ini sama dengan karakter grup pribadi tapi cara identifikasi grupnya berbeda. Super Grup Publik hanya bisa diidentifikasi dengan menggunakan aplikasi Telegram dan mesin pencari internal.

Aplikasi Telegram dapat menampung kontak hingga 5.000 anggota dalam satu grup chat. Grup Telegram juga bisa kamu atur apakah ingin kamu tampilkan secara publik atau private. Kamu bisa berkomunikasi bersama anggota grup kamu dalam bentuk pesan teks, gambar, video, stiker, voice note, bahkan berbagi file. 

Cara Membuat Grup Telegram 

Ilustrasi Telegram. (Telegram)

Untuk mengetahui Cara membuat Grup di Telegram kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka aplikasi Telegram pada HP kamu
    Kamu bisa install aplikasi Telegram melalui Google Play Store pada HP kamu
  2. Lalu klik ikon berbentuk pensil pada bagian pojok kanan atas
    Setelah itu akan muncul 3 menu pilihan yang terdiri dari :
    • - New Group ( Untuk membuat Grup Baru )
    • - New Contact ( Untuk mengundang teman kamu yang belum terdaftar di Telegram )
    • - New Channel ( Untuk membuat channel baru di Telegram )
  3. Klik pada menu pilihan New Group
  4. Kemudian pilih beberapa kontak yang ingin kamu masukkan sebagai anggota grup
  5. Selanjutnya klik menu Next yang ada pada bagian pojok kanan atas
  6. Setelah itu ketik nama grup sesuai yang kamu inginkan pada bagian kolom Nama Grup
  7. Klik ikon gambar kamera untuk menambahkan foto grup
  8. Terakhir klik ikon centang pada bagian pojok kanan atas

Dan sekarang kamu sudah berhasil membuat grup Telegram kamu.

Sekarang kamu bisa mengirimkan pesan teks maupun media lainnya untuk saling berkomunikasi dengan semua anggota yang berada di grup Telegram kamu. Sebagai admin grup Telegram, kamu bisa mengelola dan mengatur informasi dan anggota grup dengan bebas.

Naah itulah cara membuat Grup Telegram yang bisa kamu ikuti. Gimana tutorial Telegram di atas, Gampang kan?  Aplikasi chat ini cocok digunakan saat WhatsApp down.

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Keunggulan WhatsApp Dibandingkan dengan Aplikasi Chatting Pesaing Lainnya