Kamis, 02 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kesibukan seorang karyawan tidak hanya tentang tugas-tugas yang berada di kantor, akan tetapi masih banyak tugas yang menanti ketika sampai dirumah. Terkadang juga banyak pekerjaan kantor yang anda bawa kerumah. Kebiasaan tersebut kadang membuat kita merasa lelah dan bangun mepet jam kerja.

Memakai alarm sebagai solusi bangun tepat waktu kadang juga tidak terlalu memberi dampak lebih seandainya orang tersebut terlalu bandel untuk bangun karena alasan masih kelelahan. Cobaan seorang karyawan bukan hanya sebatas bangun telat ataupun telat sarapan. Salah satu masalah yang datang adalah sering terjebak macet ataupun terkendala hal lainnya.

Ketika sampai di perusahaan pun harus sibuk menunggu antrian absensi karyawan jika saat itu banyak pula yang datang terlalu mepet dengan waktu masuk kerja. Saat ini, banyak perusahaan yang telah mulai menggunakan aplikasi absen android yang memudahkan karyawan dalam melakukan absen.

Pentingnya Absensi Bagi Karyawan

Absensi adalah hal terpenting bagi karyawan yang harus dilakukan setiap yang akan memulai pekerjaan. Absensi karyawan akan digunakan sebagai data perhitungan gaji ataupun sebagai data bagi pemimpin melihat kemajuan dari setiap karyawannya. Terkadang dengan melihat statistik data absensi karyawan dapat menjadi bahan kenaikan jabatan bagi karyawan tersebut.

Absensi juga dapat menyelaraskan kewajiban maupun hak antara karyawan maupun perusahaan. Karyawan maupun perusahaan pada hakikatnya memiliki posisi saling membutuhkan. Kehadiran absensi dapat menjadi salah satu faktor kemajuan dari suatu perusahaan, dimana para pekerja mengikuti ritme peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan, sehingga dapat mengontrol setiap karyawan agar lebih disiplin dalam bekerja.

Jenis Absensi Karyawan

Beberapa waktu lalu, telah banyak jenis absensi karyawan yang berlaku di setiap perusahaan. Absensi karyawan yang paling populer dan paling sering digunakan adalah absensi menggunakan kertas. Jenis absensi karyawan dengan kertas memiliki keunggulan sangat mudah digunakan akan tetapi cara ini kadang dapat membuat karyawan melakukan kecurangan karena mereka dapat menuliskan waktu kedatangan terserah mereka.

Setelah kemajuan zaman, absensi karyawan menggunakan kertas mulai sedikit demi sedikit ditinggalkan. Mulai bermunculan mesin-mesin absensi bagi karyawan yakni munculnya mesin ceklok dan mesin fingerprint (sidik jari). Jenis absensi karyawan berupa mesin ceklok, cara kerja dengan memasukkan kartu jam hadir maupun jam pulang kita kedalam mesin ceklok sehingga mesin akan mencatat waktu kehadiran sang karyawan.

Melakukan absensi dengan metode ini juga memungkinkan para karyawan untuk mengantri dalam menunggu gilirannya. Terlebih jika karyawan datang maupun pulang pada jam yang hampir bersamaan.

Absensi dengan mesin ceklok saat ini pun juga sudah mulai ditinggalkan karena membutuhkan kertas sebagai media serta penyedia alat pendukung sudah semakin sulit ditemui. Beberapa pengembang teknologi pun semakin berinovasi membuat alat absensi online karyawan untuk memudahkan manajemen perusahaan.

Fingerprint ataupun finger scan adalah inovasi dari mesin absensi karyawan dengan menggunakan sidik jari saja. Jenis absensi karyawan dengan fingerprint mudah digunakan, hanya perlu menempelkan jari kita pada mesin. Terlihat mudah dan kecurangan bisa dihindari, akan tetapi harga peralatan serta perawatannya juga terbilang mahal.

Aplikasi Absen. (Mekari Talenta)

Manfaat Aplikasi Absen Bagi Perusahaan

Absensi adalah sebuah kegiatan pengambilan data guna mengetahui jumlah kehadiran. Dalam kegiatan bisnis, pengelolaan absensi karyawan biasanya dilakukan oleh HR. Tak jarang perusahaan masih menggunakan sistem absensi manual, fingerprint dan aplikasi chat. Namun masih ada beberapa kendala yang sering terjadi diantaranya adalah data tidak terdokumentasi dengan baik, keamanan data rendah, tidak terstandarisasi, dsb.

Nah, kini dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih muncul mobile aplikasi absen. Mekari Talenta bisa menjadi  solusi terbaik untuk memudahkan kinerja HRD dalam proses absensi online. Berikut Kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi absen Mekari Talenta:

1. Akurasi dan Standarisasi Data Terjamin

Seringkali data absensi mudah untuk dimanipulasi, apalagi jika menggunakan absen manual atau aplikasi chat bisa saja bukti yang dikirimkan tidak realtime. Misalnya saja dengan menggunakan foto pada galeri, maka data tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sedangkan ketika menggunakan aplikasi absen, data yang diperoleh dijamin akurat dengan adanya take photo by camera, penyaringan spot tertentu saja yang dapat digunakan untuk mengakses absensi sehingga karyawan benar-benar berada di lokasi yang ditentukan. Maka, tingkat kecurangan karyawan dapat diminimalisasikan.

2. Pemantauan Kinerja Karyawan dapat Dilakukan Secara Realtime

Seorang Manajer dapat memantau kinerja karyawan di manapun secara realtime melalui dashboard yang telah disediakan. Hal ini biasanya dilakukan oleh manajer yang memiliki banyak petugas lapangan, seperti cleaning service, teknisi, kontraktor, dll. yang lebih banyak melakukan pekerjaannya di luar dengan tujuan agar kinerja petugas lapangan dapat maksimal.

Banyak petugas lapangan yang seharusnya dalam 1 hari dapat melakukan kunjungan ke 10 lokasi costumer. Namun ketika tidak dilakukan pemantauan, hanya melakukan kunjungan ke 5 lokasi saja Akibatnya, hal tersebut akan dapat merugikan perusahaan, kepercayaan customer menurun, serta kualitas pelayanan perusahaan menurun.

3. Mobilitas dan Efisiensi Tinggi

Bisa dibayangkan ketika jarak kantor dan lokasi kerja 20 km, maka karyawan anda harus datang ke kantor terlebih dahulu kemudian baru ke lokasi pekerjaan. Seberapa banyak waktu yang ia butuhkan untuk menyelesaikan 1 pekerjaan saja??

Namun, dengan adanya aplikasi absen yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun menggunakan Smartphone. Para karyawan tidak perlu datang ke kantor terlebih dahulu kemudian antri, dan membuang-buang waktu yang cukup banyak untuk melakukan absensi. Cukup langsung datang ke lokasi kerja yang telah ditentukan, kemudian melakukan absensi di Smartphone masing-masing serta dapat langsung melakukan pekerjaan. Simple bukan?

4. Mempermudah Evaluasi Kinerja

Data absensi yang awalnya direkap untuk tiap mingguan atau bulannya dengan aplikasi absen dapat dilakukan kapan pun sehingga evaluasi kinerja karyawan juga dapat dilakukan kapan pun. Lebih mudah juga untuk melihat karyawan yang sering absen jumlah jam kerja karyawan untuk setiap harinya, dan jumlah jam lembur.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat performa karyawan guna melakukan evaluasi kinerja karyawan apakah sesuai KPI atau tidak. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi absen ini akan memudahkan untuk menentukan langkah strategis selanjutnya yang akan dilakukan pihak manajemen.

5. Perhitungan Jam Kerja Lebih Akurat

Karena aplikasi absen bersifat online, maka sinkronisasi waktu setiap perangkat akan sama. Dengan demikian, waktu absensi kehadiran yang tercatat dalam sistem menjadi lebih akurat. Tingkat akurasi dalam sistem absensi kehadiran merupakan poin utama dalam pengukuran kinerja karyawan. Terlebih lagi apabila perusahaan menggunakan kehadiran dan keterlambatan karyawan sebagai pedoman dalam penggajian.

6. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Dengan menggunakan aplikasi absen kehadiran online, waktu yang biasa digunakan untuk melakukan absensi kehadiran di kantor dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan saat bekerja. Dengan demikian waktu menjadi efisien dan tidak terbuang sia-sia.

7. Mempermudah Analisa Kinerja Karyawan

Aplikasi absen kehadiran online memberikan data real time yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan evaluasi dan menganalisa kinerja karyawan. Hal ini dikarenakan aplikasi absen kehadiran online akan langsung menyimpan data kedatangan karyawan dalam database perusahaan sehingga tidak perlu lagi melakukan rekap absensi kehadiran untuk karyawan yang tidak bekerja di kantor. Data-data ini dapat digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu poin penilaian karyawan.

Di atas adalah manfaat aplikasi absen bagi perusahaan. Jika Anda masih bingung memilih aplikasi absen apa yang bisa digunakan untuk perusahaan, Mekari Talenta bisa menjadi solusi terbaik!

Aplikasi yang tak hanya berperan sebagai sistem absensi modern, Mekari Talenta juga memiliki fitur terbaik yang bisa mengelola permohonan cuti, pengelolaan shifting. informasi keterlambatan dan absensi dapat diakses secara langsung oleh admin HR dan akan langsung mempengaruhi sistem perhitungan penggajian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda.

Solusi Absensi Karyawan

Kemudahan yang ditawarkan oleh mesin-mesin absensi karyawan belum sepenuhnya menjadi solusi bagi karyawan yang datang telat ke tempat kerja. karena seringkali ketika kita menggunakannya, tidak menutup kemungkinan kita harus tetap mengantri apalagi jika seorang karyawan terburu-buru untuk absensi. Solusi aplikasi absensi karyawan yang ditawarkan saat ini adalah sebuah aplikasi absen online yang hanya membutuhkan smartphone.

Saat ini banyak aplikasi absen online yang dapat kita temukan. Berbagai macam fitur ditawarkan oleh setiap aplikasi untuk memikat pengguna. Aplikasi absen android ini dapat menjadi solusi absensi karyawan terbaik, terpercaya serta termudah. Ketika kita harus bersabar antri menunggu giliran untuk absensi, jenis absensi karyawan ini memberikan kemudahan berupa absensi karyawan menggunakan swafoto atau orang lebih mengenalnya sebagai selfie.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi absen karyawan ini juga semakin memudahkan pengusaha dalam memantau kinerja karyawan. Kesulitan-kesulitan yang dulu dihadapi karyawan dapat cepat terselesaikan dengan adanya aplikasi absen android ini.

Salah satu aplikasi absen karyawan terbaik saat ini adalah aplikasi absen Talenta. Aplikasi absen android Talenta dapat anda dapatkan dengan mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store di smartphone.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti pengajuan ijin/cuti, pengajuan lembur, kemudahan mengurus slip gaji dan banyak kemudahan lain yang ditawarkan. Dengan menggunakan aplikasi absen android Talenta, karyawan tidak perlu mengantri lama untuk absensi, mengajukan cuti maupun izin mudah dan cepat tanpa harus menggunakan bermacam-macam dokumen.

Aplikasi absen Online Talenta, Solusi Mengatur Absen Karyawan

Software HRIS Talenta memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absensi online android ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis. Lewat aplikasi mobile Talenta, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, Talenta juga memiliki fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absensi online android yang mencatat kehadiran secara otomatis. Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta dan menikmati fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya lewat di laman website Talenta. Yuk, coba Talenta sekarang juga!

BACA SELANJUTNYA

Siap Kasih Pesangon Hingga Saham, Google PHK 12.000 Karyawan