Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 27 Oktober 2022 | 13:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika HP mengalami kerusakan, tentu sudah sewajarnya bagi orang-orang untuk membawanya ke tempat reparasi ponsel.

Namun terkadang ada orang yang enggan melakukannya, karena takut data pribadi entah berupa dokumen penting atau sekadar foto-foto privat diintip teknisi nakal.

Selalu ada risiko pencurian data ketika orang lain sedang memegang ponsel Anda. Dilansir dari Android Authority, Mode Pemeliharaan (Maintenance Mode) yang baru diluncurkan Samsung bertujuan untuk melindungi informasi sensitif Anda saat Anda mengirim ponsel untuk diperbaiki.

Pertama kali muncul di Samsung One UI 5 beta, fitur ini pada dasarnya membuat profil pengguna baru dengan berbagai batasan yang mencegah orang lain mengakses data Anda saat perangkat sedang diservis.

Ini termasuk memblokir akses ke pesan, foto, dan dokumen lokal. Fitur ini bahkan akan mencegah orang asing mengambil aplikasi yang Anda unduh.

Samsung One UI. (Samsung)

Sementara dalam Mode Pemeliharaan, fungsi inti perangkat masih beroperasi. Meskipun orang asing dapat menghasilkan data atau akun, semua itu dihapus setelah pengguna mematikan Mode Pemeliharaan.

VP dan Kepala Tim Keamanan di Mobile eXperience Business di Samsung, Seungwon Shin, mengatakan ini di blog perusahaan tentang fitur tersebut:

"Seluruh hidup kita ada di ponsel kita, dari informasi kartu kredit hingga foto keluarga. Dengan Maintenance Mode, kami memberikan kepastian ekstra bahwa pengguna Galaxy dapat menjaga privasi mereka, bahkan jika mereka menyerahkan ponsel mereka kepada seseorang."

Maintenance Mode pertama kali diluncurkan di Korea awal tahun ini, tetapi Samsung secara resmi mengumumkan rilis globalnya.

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Cara Membuat Konten Sinematik dengan Samsung Galaxy S24 Series