Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 08 November 2022 | 11:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Qualcomm telah membuat chipset PC sejak tahun lalu, tetapi upayanya sejauh ini kurang ganas dan juga sebagian besar dari pengembangan tersebut menggunakan kembali desain dari produk ponselnya.

Itu dulu, sekarang, sumber terpercaya yang akrab dengan masalah ini mengklaim bahwa perusahaan tersebut akhirnya akan menganggap serius proyek ini dan memberikan CPU desktop yang mengerikan.

Menurut GSM Arena, informan ini mengklaim bahwa prosesor tersebut mulai unjuk batang hidung pada tahun 2024 dan diberi nama kode "Hamoa".

Chip Hamoa akan memiliki 12 inti CPU dalam konfigurasi 8 + 4. Cluster besar terdiri dari delapan core kinerja, sedangkan cluster empat terbuat dari core hemat energi. Chip ini juga akan mendukung GPU diskrit.

Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3. (Qualcomm)

Kabarnya, Qualcomm akan menggunakan desain inti Phoenix Nuvia, yang dikembangkan oleh mantan insinyur Apple yang mengerjakan chip Apple berbasis ARM saat ini.

Qualcomm mengakuisisi startup Nuvia beberapa waktu lalu sehingga tidak mengherankan jika perusahaan akan menggunakan arsitektur baru, yang pada gilirannya menjanjikan peningkatan kinerja 50 hingga 100% dalam batas 5 watt per inti jika mengacu bocoran dari tahun 2020 lalu.

Laporan tersebut mengindikasikan calon chipset dengan kinerja sangat menjanjikan yang mana memungkinkan untuk menjalankan Windows dengan prosesor berbasis ARM.

BACA SELANJUTNYA

Komparasi Mediatek Dimensity 1080 vs Snapdragon 870, Mana yang Lebih Oke?