Senin, 29 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 08 November 2022 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

4. Performa POCO M5

Uji Benchmark Poco M5. (Hitekno/Cesar Uji Tawakal)

Di pasaran, ponsel ini hadir dalam beberapa tipe, di mana tim HiTekno kebagian versi dengan spesifikasi berupa memori 128 GB dengan 4 GB RAM yang bisa di-extend hingga 2GB dengan memakan memori internal.

Untuk aktivitas sehari-hari, ponsel ini cukup menjanjikan, misalnya untuk dipakai scroll-scroll TikTok, Instagram, dan lain-lain. Namun jika dipakai untuk multitasking, misal nge-olshop di mana kamu harus gonta-ganti banyak aplikasi dalam waktu singkat, tentu POCO M5 ini bukan partner terbaik untuk dijadikan pilihan.

Chipset POCO M5 sebetulnya cukup menjanjikan, dengan tersematnya MediaTek Helio G99. Namun bila tak didukung dengan memori dan RAM yang memadai, tentu ini laksana menyematkan mesin Yamaha Vixion ke Honda BeAt.

POCO M Series siap meluncur. (POCO Indonesia)

Bukan isapan jempol, beberapa game yang sudah kami coba, seperti CoDM, Mobile Legends, bahkan PUBGM, hasil untuk "settingan frame rate" yang ada dalam game kurang memuaskan, mengingat potensi dari chipset G99 ini bisa lebih digeber lagi.

Entah apakah hal ini disebabkan karena faktor tunning software yang kurang oke, atau karena limitasi kekuatan.

Pada tiga game tersebut, kamu cuma bisa memilih frame rate ‘tinggi’, belum maksimal. Simak artikel khusus dari kami mengenai uji coba gaming pada ponsel yang satu ini. (Klik di sini)

5. Harga

HP POCO M5 ini hadir dalam dua varian, segini harga offline-nya:

  • 4+1/64GB Rp 2.199.000
  • 4+2/128GB Rp. 2.399.000

6. Plus dan Minus POCO M5

Kelebihan POCO M5

Kelebihan dari ponsel ini adalah harganya yang relatif terjangkau serta performa mentah yang tersedia pada spesifikasinya.

Selain itu, peran kamera di siang hari atau saat kondisi cahaya berlimpah bakal membuat kualitas foto POCO M5 cenderung bagus.

Foto makro Poco M5. (Hitekno/Cesar Uji Tawakal)

Begitu juga dengan sektor baterai, yang jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti menggunakan media sosial atau ngegame sejenak, maka dayanya bisa dibilang irit.

Kelemahan POCO M5

Kelemahan dari ponsel tersebut adalah masih dibutuhkannya update software sehingga performa aslinya baru ketahuan.

Selain itu, untuk kamera, jika kondisi pencahayaan kurang optimal, maka hasil foto yang bisa diraih tentu tak bisa dibilang unggulan.

Lalu di sektor perangkat lunak, masih banyak ditemui iklan yang kadang bikin jengkel, membuat orang yang membeli ponsel tersebut harus melakukan banyak setting agar gadget ini nyaman dipakai dari segi user experience-nya.

Kesimpulan

Dengan harga seperti yang telah disebutkan di atas, HP POCO M5 cocok untuk mereka yang kerap bepergian karena baterainya yang relatif awet.

Untuk kamera, selama kamu banyak ambil foto di kondisi cahaya yang cukup, tentu hasilnya juga lumayan oke.

Kalau untuk gamer? Kalau kamu mau mengaktifkan ekstensi RAM tambahan 2 GB tentu bakal menjadi opsi yang lebih bijak, apalagi untuk bermain game kelas berat seperti Genshin Impact. Untuk pembahasan tentang performa, tunggu ulasan yang lebih rinci dari kami, ya!

BACA SELANJUTNYA

Tecno Phantom V Flip 5G Resmi Rilis, Cek Harga dan Promo Menariknya