Sabtu, 13 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 10 November 2022 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mengalami masalah siaran TV digital tidak mendapatkan sinyal? Tenang, tim HiTekno.com rangkum cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal berikut ini.

Sebagai diketahui, untuk dapat menikmati siaran TV digital tentu diperlukan sejumlah persiapan seperti perangkat tv, set top box atau STB dan tentu saja antena.

Sayang, meski sudah dipersiapkan dengan baik, kendala sering muncul termassuk tv digital tidak ada sinyal. Mungkin kamu juga mengalami TV digital tidak ada sinyal ini?

Alhasil saat sedang menonton, tayangan akan sering kali hilang. Tetapi jangan cemas. Ada beberapa cara mengatasi tv digital tidak ada sinyal yang bisa kamu ikuti.

Berikut ini tim HiTekno.com rangkum cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal dengan mudah:

Setelan STB

Setiap perangkat STB memiliki sistem pengaturan yang berbeda. Oleh karena itu sebelum memasang perangkat STB sebaik mengikuti panduan yang terdapat pada buku manual.

Selain itu, pastikan juga perangkat STB yang dibeli merupakan perangkat resmi yang sudah bersertifikasi Kominfo.

Set Top Box Polytron DVB T2 – PDV 600T2. (Polytron)

Masalah Kabel

Saat melakukan pemasangan, perhatikan juga sambungan kabel antara antena dan TV digital. Apabila komponen jack atau colokan rusak karena kotor atau penyok dan tidak dapat tersambung dengan baik maka hal ini juga akan berpengaruh terhadap daya tangkap sinyal.

Kualitas Antena

Salah satu cara untuk mengatasi kendala sinyal adalah mengecek kualitas antena. TV dan STB perlu antena untuk menangkap siaran TV digital, termasuk mengenai lokasi dan ukurannya yang berpengaruh.

Jika berada pada area yang dikelilingi gedung tinggi, jangan menggunakan antena berukuran kecil. Karena dapat dipastikan daya tangkap sinyal juga akan kurang baik.

Posisi Antena

Posisi antena juga mempengaruhi kemampuan perangkat mendapatkan sinyal. Ini penting bagi yang tempat tinggalnya di tempat yang penuh dengan bangunan. Antena bergerak sedikit, maka akan mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima.

Itulah bagaimana cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal yang kamu hadapi. Pastinya dapatkan sinya terbaik untuk menyaksikan siaran TV digital. (Suara.com/ Manuel Jeghesta Nainggolan)

BACA SELANJUTNYA

5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah, Terbaru 2023