Rabu, 27 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 15 November 2022 | 19:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp menjadi aplikasi chat populer yang banyak digunakan di smartphone Android dan iOS. WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone yang fungsinya hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa kamu pergunakan di ponsel lama.

WhatsApp digunakan di hampir semua lingkaran pertemanan, kolega, dan keluarga. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan juga panggilan video. Jenis panggilan WhatsApp ini sering digunakan karena hanya memerlukan koneksi internet untuk melakukannya.

Akhir-akhir ini, WhatsApp sedang jadi perbincangan lantaran kebijakan baru yang mengharuskan pengguna menyetujui berbagi data. Ada beberapa aplikasi alternatif WhatsApp yang bisa digunakan untuk berkirim pesan. Berikut aplikasi alternatif WhatsApp yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi Telegram. (Telegram)

1. Telegram

Telegram adalah aplikasi chat yang dibuat oleh mantan pembuat VK dengan fokus pada kecepatan dan keamanan. Aplikasi alternatif WhatsApp ini sangat cepat, sederhana, dan gratis.

2. Signal

Signal adalah aplikasi perpesanan dengan fokus pada privasi, dikombinasikan dengan semua fitur yang diharapkan dari aplikasi IM modern. Signal telah menerima banyak pujian dari seluruh dunia atas teknologi keamanan dan privasinya.

3. Element

Element adalah aplikasi chat yang aman berdasarkan protokol Matrix. Aplikasi alternatif WhatsApp ini terdesentralisasi untuk memberikan kedaulatan digital, dan berdasarkan standar terbuka untuk koneksi dan interoperabilitas yang mudah. Aplikasi ini dienkripsi end-to-end secara default.

4. Wire

Wire adalah platform kolaborasi paling aman yang menampilkan messenger, suara, video, panggilan konferensi, berbagi file, dan kolaborasi eksternal – semuanya dilindungi oleh enkripsi end-to-end yang paling aman.

5. Tox

Tox adalah aplikasi yang mudah digunakan yang memungkinkan kamu terhubung dengan teman dan orang tersayang tanpa ada orang lain yang mengetahuinya.

6. Matrix.org

Matrix mendefinisikan satu set API terbuka untuk komunikasi terdesentralisasi, cocok untuk memublikasikan, bertahan, dan berlangganan data dengan aman melalui federasi server terbuka global tanpa titik kontrol tunggal.

7. Jitsi Meet

Jitsi Meet adalah solusi konferensi video sumber terbuka 100% yang sepenuhnya terenkripsi yang dapat kamu gunakan secara gratis tanpa memerlukan akun.

8. Skype

Skype tidak diragukan lagi adalah salah satu aplikasi obrolan bisnis terbaik di pasaran. Skype adalah layanan voice-over IP dan pesan instan gratis paling populer secara global. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim teks, video, dan panggilan suara melalui internet. Pengguna juga dapat menelepon ke telepon rumah dan ponsel dengan tarif bersaing menggunakan kredit Skype, akun premium, dan langganan.

9. Jami

Jami (sebelumnya GNU Ring, SFLphone) memposisikan dirinya sebagai calon pengganti Skype gratis.

10. Viber

Dengan Viber, semua orang di dunia dapat terhubung. Lebih dari 460 juta pengguna Viber mengirim pesan teks, melakukan panggilan telepon dan video berkualitas HD, serta mengirim pesan foto dan video ke seluruh dunia secara gratis.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Kapan Seseorang Harus Ganti HP? Ini Patokannya