Rabu, 29 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 18 November 2022 | 21:38 WIB

Hitekno.com - Momentum seputar Windows di ARM tampaknya kian memanas saat Qualcomm mengadakan pertemuan puncak tahunannya yang mengungkapkan prosesor seluler baru untuk ponsel, fokus pada AI, dan banyak lagi.

Dilansir dari Windows Central, meskipun perusahaan tidak mengumumkan tindak lanjut dari Snapdragon 8cx Gen 3 yang (relatif) baru, perusahaan mengungkapkan nama prosesor generasi berikutnya berdasarkan akuisisi Nuvia-nya.

Alih-alih Snapdragon, prosesor baru akan dijuluki Oryon, mungkin dengan penomoran atau penamaan lebih lanjut untuk membedakan garis prosesor PC berbasis ARM.

Nuvia diakuisisi oleh Qualcomm pada Januari 2021 seharga $1.4 miliar. Perusahaan ini terdiri dari mantan insinyur dari Apple yang merancang chip seri A untuk ponsel, yang lebih dari satu dekade berkembang menjadi seri M untuk komputer Mac-nya.

Qualcomm awalnya ingin batch pertama chip Oryon berada di tangan OEM untuk pengambilan sampel sekitar waktu ini, tetapi tujuan itu telah merosot ke awal 2023 dengan chip menjadi tersedia secara komersial sekitar tahun 2024. 

Pembuat chip ARM baru-baru ini berkomentar bahwa ia memiliki "sejumlah besar kemenangan desain" dari chip barunya dan mengharapkan untuk melihat "titik infleksi" untuk Windows di PC Snapdragon pada tahun 2024, menunjukkan OEM menyukai apa yang mereka lihat.

Apple MacBook Air M1. (Apple)

Qualcomm telah lama mengklaim bahwa prosesor Oryon-nya akan menyaingi chip seri M Apple meskipun itu masih harus dibuktikan.

Sebuah laporan baru-baru ini menuai pujian pada salah satu prosesor, dengan nama sandi "Hamoa," yang diduga memiliki 12-core (8P, 4E) berdasarkan yang besar.

Arsitektur LITTLE dan memiliki konfigurasi memori dan cache serupa yang ditemukan di chip PC Apple.

Qualcomm juga berurusan dengan gugatan dari Arm Ltd., yang mengklaim Qualcomm telah melanggar perjanjian lisensi dan pelanggaran merek dagang dengan desain Nuvia-nya.

BACA SELANJUTNYA

Qualcomm Bahas Hybrid AI, Dapat Menghasilkan Karya Digital dan Banyak Manfaat