Minggu, 02 April 2023
Agung Pratnyawan : Selasa, 22 November 2022 | 16:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Oppo Indonesia memastikan akan memasukkan tablet baru mereka pada Desember 2022 ini. Yakni Oppo Pad Air yang resmi diumumkan akan masuk ke pasaran dalam waktu dekat. Namun kenapa tablet Oppo ini tergolong lama masuk Indnesia?

Sebagai diketahui tablet Oppo Pad Air telah lebih dulu hadir ke berbagai negara, Indonesia baru mendapatkannya pada Desember 2022 mendatang.

Oppo Indonesia sendiri baru akan membuka pre-order tablet baru mereka ini mulai 28 November 2022 nanti.

Padahal Oppo Pad Air sudah mulai dikenalkan ke Indonesia sejak Agustus 2022 silam. Namun tablet Oppo ini belum kunjung dirilis ke pasaran Indonesia.

Kenapa Oppo Pad Air sampai terlambat diluncurkan selama itu di Indonesia? PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menjelaskan kenapa Oppo Pad Air telat dijual ke Indonesia.

Menurut dia pemenuhan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) menjadi faktor utama dalam tertundanya tablet Oppo Pad Air tersebut.

Lebih lagi Aryo mengakui kalau pabrik Oppo saat ini lebih ditugaskan untuk memproduksi smartphone, bukan tablet.

Oppo Pad Air. (Oppo)

'Kami tidak bisa mengkonversi pabrik secara sekejap dalam waktu satu dua minggu, untuk mengkonversi yang dari produsen untuk memproduksi smartphone, ke produsen yg memproduksi tablet. Itu tidak memungkinkan, " kata Aryo saat ditemui di peluncuran Oppo Pad Air di Jakarta, Senin (21/11/2022). 

Dijelaskan Aryo kalau mereka pun harus memenuhi nilai TKDN sebelum akhirnya dijual ke Indonesia. 

"Jadi itu yang menjadi permasalahan bagaimana perangkat ini akhirnya membutuhkan waktu cukup lama untuk masuk ke Indonesia, " jelas dia. 

Tablet Oppo Pad Air dijanjikan segera dijual ke Indonesia pada Desember 2022 nanti. Aryo mengaku kalau perangkat itu kemungkinan dirilis pada awal atau pertengahan minggu di bulan tersebut. 

Aryo juga tidak menjelaskan spesifikasi Oppo Pad Air yang dirilis ke Indonesia. Kendati demikian Oppo Pad Air sudah diluncurkan di pasar luar Indonesia. Berikut spesifikasinya.

Spesifikasi Oppo Pad Air

Oppo Pad Air. (Oppo Indonesia)

Tablet Oppo Pad Air ini membawa layar LCD berukuran 10,36 inci dengan resolusi 2K. Layar ini juga lulus sertifikasi TÃœV Rheinland untuk perlindungan mata cahaya biru rendah.

Oppo Pad Air dibekali chipset Snapdragon 680 yang dipasangkan dengan RAM 4GB dan internal 64GB. Jika kurang ada fitur RAM Expansion dan slot micro SD hingga 512GB.

Baterai tablet berkapasitas 7.100mAh dengan fast charging 7.100mAh dengan charger 18W. Sistem operasi tablet menjalankan ColorOS 12.1 for Pad.

Oppo Pad Air juga memiliki empat speaker yang sudah didukung Dolby Atmos. Sementara varian warnanya hanya satu, yakni Gray.

Akhirnya tablet Oppo Pad Air mendapatkan kepastian peluncuran di Indonesia. Kita nantikan saja sampai perilisan resminya usai menyanggupi TKDN lebih dulu. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Segera Rilis ke Indonesia, Intip Spesifikasi Oppo Reno8 T 5G