Senin, 06 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 30 November 2022 | 10:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi akan meluncurkan update MIUI 14 untuk berbagai perangkat mereka. Lalu bagaimana nasib MIUI 13 nantinya setelah MIUI 14 resmi diluncurkan?

Banyak pengguna HP Xiaomi, Redmi dan POCO saat ini menjalankan antarmuka MIUI 13 mereka. Beberapa di antaranya akan mendapatkan update MIUI 14, terutama untuk seri-seri HP baru.

Karenany banya pengguna HP Xiaomi, Redmi dan POCO yang bertanya-tanaya apakah jadinya nasib MIUI 13 nantinya usai perilisan MIUI 14.

Memang disayangkan kalau akan ada banyak perangkat yang tidak mendapatkan update MIUI 14. 

Alasan utama mengapa perangkat tersebut tidak menerima pembaruan karena unit SoC dan CPU yang digunakan tidak dapat menangani kebutuhan versi Android dan MIUI saat ini.

Karena tidak dapat menangani kebutuhan tersebut, pengguna akan mengalami kelambatan jika memaksakan memakai antarmuka MIUI 14 usai dirilis nanti.

Selain itu jika pengguna memaksakan perangkat yang tidak kompatibel tersebut berjalan di atas MIUI 14, kemungkinan akan banyak bug karena ketidakcocokan perangkat keras dan perangkat lunak.

Logo MIUI 14. (MIUI.com)

Dilansir dari Xiaomiui, Xiaomi sendiri tidak memiliki tujuan untuk merilis pembaruan MIUI 14 ke semua perangkat mereka, baik untuk meningkatkan MIUI maupun untuk tidak memperlambat kinerja perangkat lama.

Jika pengguna ingin menggunakan MIUI 14 di perangkat yang tidak kompatibel, sayangnya tidak ada metode resmi untuk menangani masalah ini selain membeli HP baru.

Namun, beberapa pengembang sukarelawan membuat pembaruan MIUI kompatibel dengan perangkat tersebut. Pengguna dapat mencari Custom ROM yang kompatibel.

Tetapi karena versi ini tidak dirilis secara resmi oleh Xiaomi, pengguna kemungkinan tidak akan jalan sempurna juga mengalami masalah.

Jangan khawatir jika pengguna masih memakai HP yang menjalankan MIUI 13 karena pengguna tidak akan mengalami masalah jika tetap menggunakan MIUI 13, bahkan setelah MIUI 14 dirilis.

Jika pengguna masih ingin merasakan pengalaman MIUI 14, pengguna dapat menggunakan wallpaper dan pembaruan aplikasi terbaru setelah MIUI 14 dirilis.

Itulah apa yang akan terjadi pada MIUI 13 usai Xiaomi meluncurkan MIUI 14 mendatang. Apakah HP Xiaomi, Redmi dan POCO kamu mendukung upadte MIUI 14 nanti? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 9 Pro Terima Update MIUI 13 Terbaru, Tingkatkan Keamanan