Selasa, 16 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 05 Desember 2022 | 13:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Era baru dimulai dalam perjalanan udara. Seperti yang Anda ketahui, penggunaan ponsel selama penerbangan sangat terbatas hingga saat ini.

Penumpang dan awak pesawat harus menggunakan perangkat mereka dalam Mode Pesawat (Airplane mode) atau mematikannya.

Hal ini menyebabkan masalah pada penerbangan jarak jauh dan memaksa orang membayar harga tinggi untuk menggunakan Wi-Fi.

Namun, aturan akhirnya berubah dengan teknologi baru. Penumpang pesawat di Uni Eropa (UE) akan segera dapat menggunakan ponsel mereka untuk efek penuh di langit.

Komisi Uni Eropa mencadangkan badwith frekuensi tertentu untuk pesawat pada tahun 2008 dan mengizinkan beberapa layanan untuk menawarkan akses internet di udara.

Sayangnya, layanan ini lambat dan terlalu mahal. Satu-satunya alternatif bagi penumpang adalah menempatkan perangkat mereka dalam mode pesawat.

Namun, aturannya diubah. Penumpang pesawat di negara-negara Uni Eropa tidak perlu meletakkan ponsel mereka dalam mode pesawat selama penerbangan.

Dilansir dari Gizmochina, Komisi Eropa mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk meniadakan aturan 'mode pesawat'.

Batas waktu bagi negara-negara anggota untuk membuat pita frekuensi 5G tersedia untuk pesawat adalah 30 Juni 2023.

Sumber foto: WikiHow

Ini berarti orang dapat menggunakan semua fitur ponsel mereka di tengah penerbangan, memungkinkan panggilan dan aplikasi data-berat yang mengalirkan musik dan video.

Menurut Komisi Eropa, sistem baru akan dapat memanfaatkan kecepatan unduh yang jauh lebih cepat yang disediakan oleh 5G dan bisa lebih dari 100Mbps.

Kepala Eksekutif Komite Keselamatan Penerbangan Inggris Dai Whittingham mengatakan: "Ada kekhawatiran mereka dapat mengganggu sistem kontrol penerbangan otomatis. Apa yang telah ditemukan dengan pengalaman adalah risiko gangguan sangat kecil. Rekomendasinya selalu bahwa begitu Anda dalam penerbangan, perangkat harus dalam mode pesawat."

BACA SELANJUTNYA

Dijual Mahal, Ongkos Bikin Samsung Galaxy S23 Ultra Ternyata Jauh Lebih Murah