Selasa, 19 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 07 Desember 2022 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di dunia yang didominasi oleh konten visual, video yang menarik dapat membantu mendorong kesuksesan suatu brand atau individu.

Tetapi membuat konten video yang menarik membutuhkan aplikasi edit yang mumpuni.

Banyak sekali aplikasi editing profesional dengan harga yang mahal.

Namun meski begitu, ada beberapa aplikasi gratis yang mendukung pengeditan video yang profesional. Selain gratis, aplikasi ini juga ringan dan bisa digunakan pada PC dengan spesifikasi sedang.

Berikut deretan aplikasi edit video PC ringan yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro menjadi software yang kerap dibicarakan. Adobe Premiere Pro mudah digunakan juga oleh pemula. Aplikasi edit video PC ini termasuk software editing baik untuk foto maupun video.

2. Sony Vegas

Sebuah alternatif lain jika kamu ingin menghindari Adobe Premiere Pro. Sony Vegas memiliki user interface editing video berbasis timeline layaknya Premiere, tapi efek dan fitur transisinya bisa terbilang baik. Tak hanya itu, import dan export-nya juga tergolong sangat baik, hingga kamu tidak perlu khawatir stres.

3. iMovie

Bagi kamu yang memiliki Mac, beruntunglah kalian karena Apple menyediakan iMovie secara cuma-cuma. iMovie sangatlah standar, sederhana namun berguna. Aplikasi edit video PC ini memiliki fitur green-screen, integrasi dengan platform audio dan media sosial lainnya, serta dapat merender video dengan tingkat kualitas gambar yang cukup tinggi. Seharusnya sebagai pemula, kamu tidak terlalu bingung menggunakan aplikasi edit video PC ini.

4. Filmora

Editor Video Filmora menawarkan keseimbangan antara kemampuan editor video profesional dan kesederhanaan. Perangkat lunak tidak memiliki mode untuk pengeditan multi-kamera, serta alat canggih, misalnya, untuk bekerja dengan video 3D dan 360 derajat. Tapi ini adalah alat yang tidak relevan bagi banyak pengguna.

Yang terpenting, editor video Filmora dapat menangani sebagian besar tugas profesional. Tetap saja, ini mudah dikuasai, dan persyaratan sistem untuk pemasangannya cukup demokratis. Perangkat lunak ini dapat bekerja secara efisien dan cepat dengan RAM 4 GB dan ruang disk kosong hingga 10 GB untuk kelancaran pengoperasian semua fungsi.

5. VSDC

VSDC adalah editor video untuk Windows yang dikemas dengan fitur untuk pembuat pemula. Meskipun gratis, ini termasuk alat pasca produksi tingkat profesional seperti roda koreksi warna, ratusan efek termasuk Chroma Key, layar terbagi, dan banyak lagi. Selanjutnya, VSDC memungkinkan kamu menangkap suara, video, dan layar desktop.

Kombo ini membantu membuat pelajaran, panduan game, atau video tanggapan. Jika kamu sering menggunakan Movie Maker, UI mungkin sedikit mengintimidasi pada awalnya, tetapi kamu tidak perlu lebih dari setengah jam untuk menjalankannya.

Itulah deretan aplikasi edit video PC yang enteng dan gratis untuk pemula yang bisa kamu gunakan. Ketika memilih aplikasi edit video, kamu juga perlu memperhatikan spesifikasi PC/laptop yang digunakan.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Visa Digital Nomad: Bekerja Sambil Liburan Keliling Dunia