Senin, 29 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 08 Desember 2022 | 10:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perpindahan siaran TV analog ke digital mulai diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, pun demikian yang terjadi di daerah Kota Solo dan sekitarnya.

Akibatnya, sebagian warga kaget karena televisi mereka mendadak tak mendapat sinyal, dan kekagetan tersebut sebagian diungkap melalui keluh kesah di media sosial Twitter.

Seorang warganet dengan akun Twitter bernama @NuurAi*** ikut mengeluh akibat TV-nya tidak ada sinyal. Ia pun komplain ke Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming melalui cuitan dengan sedikit candaan.

"Pak tolong TV saya mati tapi belum ada biaya untuk menguburnya," tulis warganet tersebut.

Rupanya cuitan ini ditanggapi oleh putra sulung dari Presiden Joko Widodo tersebut secara tak terduga.

"Itu TV-nya sepertinya bisa disetting ulang, tidak perlu STB," cuit Gibran.

Cuitan Gibran tentang TV digital. (Twitter)

Reaksi tak terduga dari Gibran ini lantas malah memantik beragam reaksi nyeleneh dari warganet seperti pada beberapa komentar berikut ini.

"Kalau TV-nya tidak bisa disetting, masih analog, gimana pak Gibran? Apalagi saya belum bisa beli STB pak, saya hanya pedagang dan harga STB mahal, kasihan suami tak bisa nonon bola dan berita," kata salah seorang warganet.

"Saya sudah puasa dari TV beberapa hari, STB mahal banget, jabang bayik," sahut warganet lain.

"Saya mau ikut bantu jadi panitia nikahan mas Kaesang, bagian nyuci gelas dan piring tidak apa-apa, yang penting diamplopin yang banyak biar bisa beli STB," celetuk warganet lain.

Set Top Box TV digital. (Polytron)

Dikutip dari Suara.com, untuk mengetahui apakah TV-mu bisa disetting tanpa beli STB, kamu harus memeriksa fitur HDTV ada pada bodi TV.

Lazimnya TV yang sudah sanggup menerima siaran TV digital akan terdapat label maupun jack input built-in HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan semacamnya. 

Jika kamu tak bisa menemukan salah satu dari label tersebut, bisa jadi perangkat televisi milikmu belum dapat menangkap sinyal digital.

Kamu dapat mengecek TV analog atau digital dengan cara mengetesnya dengan mengecek di menu TV menggunakan remote TV.

Jika menu tampilan TV muncul pilihan DTV (Digital TV), itu artinya TV kamu bisa menerima siaran TV Digital. Apabila tidak ada, itu artinya TV milikmu masih analog dan butuh STB.

BACA SELANJUTNYA

Kurang Ajar! Istri Gibran Dihina 'Budak Seks' di Twitter, Wali Kota Solo Diminta Tindak Tegas