Senin, 11 Desember 2023
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 08 Desember 2022 | 13:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mengingat banyaknya jutsu di Naruto, beberapa penggemar akan merasa bahwa menggunakan senjata fisik seperti pedang, mungkin akan terlihat sedikit kuno. Tapi Sasuke Uchiha tertentu tampil cukup berbeda.

Untuk sebagian besar Shippuden, dia sering membawa sebuah chokuto yang dikenal sebagai Pedang Kusanagi.

Diterjemahkan secara kasar menjadi "Pedang Pemotong Rumput" sebab dalam terjemahan bahasa Inggris pedang tersebut disebut Snake Sword. 

Secara fisik, Snake Sword ini seperti pada umumnya pedang. Ia memiliki sarung hitam dan gagang yang serasi dan lebih besar dari chokuto normal.

Segala hal yang perlu kamu ketahui tentang Pedang Kusanagi

Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha. (fandom)

Kusanagi Orochimaru yang digunakan di Naruto berasal dari legenda asli Jepang, diyakini sebagai salah satu dari Tiga Harta Karun Suci yang membentuk Regalia Kekaisaran Jepang. 

Tiga harta karun itu adalah Kusanagi, sebuah cermin yang disebut Yata no Kagami (Eight Span Mirror), dan sebuah permata yang disebut Yasakani no Magatama (Permata Lengkung Delapan Shaku).

Tiga pusaka ini menandakan tiga kebajikan: keberanian (pedang), kebijaksanaan (cermin), dan kebajikan (permata). Masing-masing dipersembahkan kepada penguasa yang naik pada penobatan mereka sebagai Kaisar.

Seperti ceritanya, dikisahkan bahwa Dewa Susanoo melawan ular berkepala delapan Yamata no Orochi. Pedang itu ditemukan di salah satu ekor ular. 

Susanoo kemudian menghadiahkan pedang itu kepada dewi Amaterasu sebagai persembahan perdamaian untuk keluhan masa lalu antara keduanya.

Bagaimana Sasuke mendapatkan pedang tersebut?

Sasuke Uchiha gabung ke Akatsuki. (fandom)

Sejak kemunculan pertamanya di Naruto Shippuden, Sasuke terlihat membawa pedang setelah meninggalkan desa. Ini adalah Pedang Kusanagi dan diberikan kepadanya oleh Orochimaru.

Namun pedang ini tidak didapat dengan cuma-cuma. Setelah mengikuti pelatihannya dengan Sannin, Sasuke menerima pedang tersebut.

Yang perlu penggemar garis bawahi, pedang ini merupakan replika dari pedang Orochimaru. Jadi bukan aslinya ya.

Meski pedang tersebut tidak memiliki kemampuan seperti pedang tuanya, namun pedang Kusanagi memiliki kemampuan tersendiri yang cukup unik dan sangat kuat.

Tidak seperti pedang Orochimaru, pedang itu tidak memiliki kemampuan supranatural. Kusanagi Orochimaru lebih kuat dari yang dimiliki Sasuke. 

Sebab pedang tersebut bisa digunakan secara telekinetik dan bisa diperpanjang atau dipersingkat sesuka hati. Itu juga bisa memotong hampir semua hal dan berubah menjadi ular kecil.

Fungsi pedang bagi Sasuke

Sasuke Retsuden. (Mangaplus)

Sasuke menggunakan pedang untuk sebagian besar Naruto Shippuden. Dia menggunakan kemampuan pedang untuk mengalahkan Deidara Akatsuki. Kemudian, pedang itu berpindah tangan dan dipegang oleh saudaranya yang dihidupkan kembali, Itachi Uchiha.

Itachi menggunakannya untuk waktu yang singkat, termasuk ketika melawan saudara-saudaranya. Sementara Madara adalah pengguna pedang terakhir. Dia menggunakannya untuk melukai Sasuke dengan menusuk jantungnya.

Bilah itu kemudian dibuang selama pertempuran dengan Madara, sedangkan sarungnya dihancurkan dalam pertarungan melawan Kaguya Otsutsuki di dimensinya. Beberapa saat setelah perang, Sasuke memilih untuk mengganti pedang tersebut dengan yang baru.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Tokoh Paling Pintar di Anime Naruto, Nomor 1 Bukan Shikamaru