Minggu, 05 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 09 Desember 2022 | 11:03 WIB

Hitekno.com - Oppo mengunggah poster terbaru yang menampilkan chip Neural Processing Unit (NPU) anyar, MariSilicon X Gen 2. Chipset NPU ini akan dikenalkan pada acara Oppo Inno Day 2022.

Sebagai pengingat, NPU pertama perusahaan MariSilicon X terpasang pada HP premium Oppo Reno8 Pro 5G.

Oppo Inno Day 2022 bakal digelar pada 14 Desember. Perusahaan akan mengenalkan deretan inovasi teknologi terbaru kepada publik melalui acara tersebut.

Oppo mengungkap bahwa chipset fotografi ini akan memberikan terobosan di sektor fotografi mobile. Mereka sudah berinvestasi dalam jumlah besar selama tiga tahun terakhir pada penelitian dan pengembangan teknologi.

Oppo menggunakan strategi 3+N+X pada tahun 2020, dengan "3" mewakili tiga teknologi inti Oppo (Mariana, Pantanal, dan Andes).

Chip NPU MariSilicon X. (Oppo)

Tiga teknologi itu mencakup bisnis chip, rekayasa perangkat lunak dan layanan cloud. Menurut laporan, tim chip yang dikembangkan sendiri oleh Oppo Mariana dibentuk pada Oktober 2019.

Dikutip dari Gizmochina, Liu Bo, selaku VP Oppo mengungkap bahwa pengiriman Mariana MariSilicon X telah melampaui 10 juta unit. Pada November lalu, mereka mengklaim bahwa perusahaan menerima banyak pesanan pada produk chip image MariSilicon X.

Perangkat yang menggunakan MariSilicon X Gen 2 kemungkinan besar adalah Oppo Find X generasi anyar atau Oppo Reno series. Berdasarkan informasi terpisah melalui leaker berinisial DCS, Oppo bersiap merilis Find X6 Pro dalam waktu dekat.

HP Oppo Find X6 Pro akan mengusung chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2. Smartphone kemungkinan memiliki layar 2K (yaitu QHD+) dan kamera dengan sensor 1 inci.

Oppo Find X5 Pro. (Oppo)

Menurut Digital Chat Station, tiga brand smartphone termasuk Oppo, Vivo, dan Xiaomi semuanya memiliki HP flagship dengan kamera 1 inci untuk tahun depan (Xiaomi sudah meluncurkan 12S Ultra pada tahun ini).

Kabar terbaru mengklaim bahwa HP Oppo tersebut mengemas layar AMOLED E6 6,7 inci yang menawarkan resolusi 2K dan kecepatan refresh 120 Hz.

Pengaturan kamera belakangnya kemungkinan akan menampilkan Sony IMX989 50 megapiksel, yang merupakan sensor kamera 1 inci. Sensor primer ini dipasangkan dengan lensa ultra lebar 50 megapiksel (Sony IMX890) dan kamera zoom periskop 50 megapiksel (Sony IMX890).

Oppo Find X5 Pro (CPH2305) meluncur ke Indonesia dengan membawa chipset Snapdragon 8 Gen 1, RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB.

Beberapa fitur utamanya termasuk 4K Ultra Night Video (MariSilicon X), Hasselblad Camera, fast charging 80 W, dan layar dengan 1 miliar warna. Oppo Find X6 Pro diharapkan membawa fitur kamera mewah seperti generasi pendahulu.

BACA SELANJUTNYA

Render Oppo Reno 10 Pro Versi Global Beredar, Spek Chipset Diturunkan?