Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 10 Desember 2022 | 15:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - OpenAI sempat jadi perbincangan terkait soal teknologi AI atau kecerdasan buatan. Ada beberapa fakta menarik OpenAI yang disebut-sebut gambaran teknologi masa depan ini..

OpenAI adalah perusahaan dan laboratorium penelitian Kecerdasan Buatan (AI). Mereka telah menciptakan berbagai program bertenaga AI dan algoritma pembelajaran mesin yang memungkinkan komputer melakukan segala macam hal seperti membuat gambar dari teks atau membuat tangan robot yang memecahkan Kubus Rubik.

Proyek terbaru mereka, OpenAI Codex, berfokus pada membuat perangkat lunak dan aplikasi pemrograman lebih mudah diakses oleh orang-orang biasa dan menghemat waktu dan energi pemrogram profesional saat menulis kode.

Apa itu Codex?

Codex, perangkat lunak pengkodean AI, dibangun di atas model pembuatan bahasa OpenAI, GPT-3, dan bertindak sebagai penerjemah antara pengguna dan komputer. Pada demo awal, pengguna dapat membuat situs web dan game sederhana menggunakan bahasa alami atau bahasa Inggris biasa daripada bahasa pemrograman khusus.

Kodeks dibuat untuk menjadi peningkatan pada GPT-3. Hasilnya adalah perangkat lunak pengkodean AI yang mampu menghasilkan dan mengurai kalimat tertulis dalam berbagai cara sambil memahami hubungan antara terjemahan dan variasi.

Selain itu banyak lagi fakta menarik OpenAI yang perlu kamu tahu. Berikut deretan fakta menarik OpenAI yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

  1. Chatbot bertenaga AI, perangkat lunak yang diprogram untuk mensimulasikan percakapan manusia. Tersedia untuk umum pada 30 November melalui situs web OpenAI, dan saat masih dalam tahap tinjauan penelitian.
  2. ChatGPT menggunakan teknologi bahasa GPT-3.5 – model kecerdasan buatan besar yang dibuat oleh OpenAI yang telah dilatih pada sejumlah besar data teks dari berbagai sumber.
  3. ChatGPT telah mampu menghasilkan kode Python yang rumit dan menulis esai tingkat perguruan tinggi saat diminta – meningkatkan kekhawatiran bahwa teknologi semacam itu dapat menggantikan pekerja manusia seperti jurnalis atau pemrogram di masa depan.
  4. Program ini memiliki keterbatasan, termasuk basis pengetahuan yang berakhir pada tahun 2021, kecenderungan untuk menghasilkan jawaban yang salah, terus-menerus menggunakan frasa yang sama.
  5. Banyak tokoh besar di dunia teknologi mengungkapkan keheranan mereka dengan ChatGPT, seperti CEO Box Aaron Levie, yang men-tweet tentang perangkat lunak yang memberikan gambaran sekilas tentang masa depan teknologi.
  6. Menurut CEO Sam Altman, perangkat lunak tersebut mencapai angka satu juta pengguna, kurang dari seminggu setelah peluncurannya.
  7. Elon Musk tweeted bahwa dia menemukan OpenAI sedang mengakses database Twitter untuk melatih ChatGPT, jadi dia segera menghentikannya karena OpenAI tidak lagi nirlaba dan bersumber terbuka lagi, itu harus membayar informasi ini di masa depan.

Itulah deretan fakta menarik OpenAI yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

OpenAI Ingatkan Microsoft tentang Perilaku Aneh dari Bing Chat