Rabu, 24 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 13 Desember 2022 | 14:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp membuat penggunanya senang usai merilis fitur stiker. Selain tersedia secara gratis di aplikasi, pengguna juga bisa membuat stiker sendiri dengan aplikasi tambahan. Terbaru, kini pengguna sudah bisa membuat stiker WhatsApp pakai Google Keyboard.

Sama halnya dengan emoticon, stiker juga menjadi salah satu cara penerima dan pengirim pesan menunjukan emosinya. Sekarang ini, berbagai stiker yang dibuat sendiri justru semakin beragam dan kocak.

Untuk membuat stiker yang sesuai keinginan, pengguna biasanya perlu mengunduh aplikasi lain yang nantinya akan terhubung dengan WhatsApp. Aplikasi ini digunakan untuk membuat stiker sesuai keinginan masing-masing.

Namun, menjawab keinginan penggunanya, Google kini memungkinkan penggunanya untuk membuat stiker WhatsApp sendiri tanpa aplikasi tambaha. Hal ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan fitur Google Keyboard yang sudah disediakan.

Bisa langsung dicoba tanpa mengunduh aplikasi tambahan, berikut cara membuat stiker WhatsApp pakai Google Keyboard dengan mudah dan praktis.

Ilustrasi chatting. (pixabay/brunamereu)

Langkah pertama, pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah memiliki Google Keyboard. Selanjutnya masuk ke pilihan 'Keyboard & Input Method' pada laman Settings di perangkat masing-masing.

Jangan lupa untuk menjadikan Google Keyboard sebagai 'Current Keyboard'. Pada tahap ini, aktifkan 'Show suggestion strip' dan 'Next word suggestion'. Selanjutnya, aktifkan juga 'Emoji, Stiker & Gif' pada laman tersebut.

Usai semua hal di atas sudah diatur di Settings, langkah berikutnya adalah dengan masuk ke aplikasi WhatsApp, tulis pesan yang ingin dikirimkan bersama emoticon tanpa spasi di antara keduanya.

Ilustrasi chat. (pixabay/afra32)

Nantinya, pengguna akan menemukan kolom rekomendasi stiker pada laman emoticon, stiker-stiker ini rupanya dibuat secara otomatis oleh Google Keyboard. Selanjutnya, pengguna bisa langsung mengirimkan pesan dengan stiker yang diinginkan.

Bisa dicoba untuk menghasilkan chat yang tidak membosankan, itu tadi cara membuat stiker di WhatsApp tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan di perangkat masing-masing.

BACA SELANJUTNYA

Cara Daftar WhatsApp Beta, Lengkap Penjelasan dan Link Resminya