Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 16 Desember 2022 | 10:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bersamaan dengan hadirnya kamera Canon EOS R6 Mark II di Indonesia, PT Datascrip juga mengenalkan lensa Canon RF 135mm f/1.8L IS USM dan Canon Speedlite EL-5. Dua produk yang dihadirkan untuk pasar Indonesia.

Lensa Canon RF 135mm f/1.8L IS USM dan Canon Speedlite EL-5 dihadirkan untuk mendukung aktivitas memotret, yang diklaim PT Datascrip cocok untuk profesional maupun pemula yang ingin mengabadikan momen dengan kualitas gambar tinggi dan tajam di berbagai situasi.

"Memotret menggunakan lensa RF 135mm f/1.8L IS USM mampu menghasilkan gambar yang spesial. Dibekali dengan teknologi terbaru dan optik kualitas tinggi khas lensa premium seri L Canon, pengguna akan mendapatkan kepuasan maksimal dari ketajaman dan efek bokeh dari lensa bukaan besar ini. Canon juga menghadirkan Speedlite EL-5 yang yang memiliki perfoma tinggi untuk mendukung pencahayaan di berbagai macam kebutuhan pemotretan," ujar Syailendra Kamdani – Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip.

Lensa Canon RF 135mm f/1.8L IS USM, Hadirkan Ketajaman dan Efek Bokeh Memukau

Canon RF 135mm f/1.8L IS USM. (PT Datascrip)

Untuk kebutuhan pengambilan gambar portrait, lensa telefoto medium (85mm hingga 135mm) memberikan perspektif dan dimensi yang jauh lebih dekat dengan persepsi manusia, dibanding lensa 50mm.

Dengan focal length yang lebih panjang dari lensa 85mm, lensa 135mm dapat menghasilkan depth of field yang lebih dangkal yang indah, serta dimensi yang sama dengan apa yang dilihat mata.

Dibandingkan dengan lensa EF Canon dengan focal length serupa. Lensa ini juga memiliki Auto Focus (AF) yang digerakkan oleh teknologi Nano USM yang cepat dan senyap serta teknologi Image Stabilizer (IS) untuk hasil gambar yang lebih stabil.

Dengan bukaan aperture f/1.8, pengguna dapat memotret dengan detail yang tajam dari subjek yang dibidik, seperti membekukan gerakan subjek bahkan dalam kondisi minim cahaya atau di ruangan gelap. Membuat lensa ini cocok tidak hanya untuk portrait tetapi olahraga dalam ruangan dan pengaturan lain yang dibutuhkan pengguna saat menggunakan shutter speed yang tinggi.

Demi mencapai kualitas gambar yang berkualitas, Canon menggunakan teknologi ASC (Air Sphere Coating) pada lensa ini yang secara signifikan mampu mengurangi flare dan ghosting yang sangat efektif pada saat kondisi pengambilan gambar yang berhadapan dengan cahaya.

Saat dipasangkan dengan kamera pada sistem EOS R yang tidak memiliki IS dalam bodi, stabilitas gambar mampu hingga 5 stop sesuai standar Camera and Imaging Products Association (CIPA).

Sedangkan jika dipasangkan dengan kamera pada sistem EOS R yang memiliki IS (EOS R3, R5, R6, R6 Mark II dan R7) dapat mencapai hingga 8 stop. Sangat berguna saat melakukan pemotretan hand held di kondisi minim cahaya, tanpa tripod.

Lensa ini terdiri dari 17 elemen lensa dan terdiri dalam 12 grup. Termasuk, tiga elemen lensa Ultra-Low Dispersion (UD) yang berfungsi untuk meminimalisir blur dan pantulan cahaya. Sebagai lensa seri L, RF 135mm f/1.8L IS USM menghadirkan optik kelas profesional.

Untuk fungsi kontrol yang lebih cepat, terdapat dua tombol fungsi baru pada bodi lensa yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna, seperti pengaturan AF ataupun eksposur.

Memungkinkan respon yang lebih cepat terhadap berbagai perubahan kondisi saat memotret atau merekam video.

Jika lensa ini dipasangkan dengan Canon EOS R6 Mark II pengguna juga bisa menikmati dukungan dari fitur focus breathing correction yang berfungsi saat terjadinya perubahan sudut pandang subjek yang bergerak.

Memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan nyaman bahkan jika terjadi perubahan fokus pada latar dari depan ke belakang atau sebaliknya. Menjadikan lensa ini sebagai pilihan ideal untuk kebutuhan produksi video.

Dari segi daya tahan, lensa ini dirancang tahan terhadap guncangan dan getaran. Lapisan fluorine pada elemen lensa paling depan juga membuat lensa ini tahan debu dan tetesan air, sehingga memastikan performa lensa terbaik bahkan dalam kondisi pengambilan gambar di cuaca ekstrem dan lebih mudah dibersihkan jika terkena debu atau kotoran.

Canon Speedlite EL-5 dengan Perfoma Tinggi

Canon Speedlite EL-5. (PT Datascrip)

Untuk mendukung kinerja pencahayaan saat memotret, Canon juga menghadirkan Speedlite EL-5. Dengan memanfaatkan dudukan multifungsi 15-pin baru di beberapa kamera mirrorless full frame seri EOS R terbaru, seperti EOS R3, EOS R7, EOS R10, dan EOS R6 Mark II membuat Speedlite EL-5 memiliki koneksi dengan kamera yang lebih cepat dan stabil.

Termasuk, fitur High Speed Sync yang mampu membantu sinkronisasi dengan kamera saat menggunakan shutter speed tinggi.

Canon Speedlite EL-5 adalah speedlite pertama Canon yang memanfaatkan desain Multi-Function Shoe baru, yang memiliki terminal digital dengan kemampuan komunikasi berkecepatan tinggi.

Canon Speedlite EL-5 memiliki bodi yang ringkas dan ringan, namun speedlite ini memiliki kemampuan yang luar biasa mencapai performa di atas Speedlite 600EX II-RT, model paling canggih dalam seri Speedlite EX.

Jika digunakan bersama Canon EOS R6 Mark II, pengguna juga bisa mengatur speedlite dengan control ring yang ada pada lensa RF. Tersedia juga fitur AF assist beam yang secara otomatis membantu untuk menyesuaikan intensitas cahaya agar tetap halus untuk meminimalisir silau pada subjek yang dipotret.

Canon Speedlite EL-5 menggunakan tipe baterai lithium-ion LP-EL yang dapat diisi ulang dengan cepat. Pada output penuh, speedlite ini dapat bertahan hingga 350 kilatan dengan sekali pengisian daya.

Terdapat panel layar menunjukkan tingkat daya baterai yang tersisa sehingga tahu kapan waktunya untuk mengisi daya. Speedlite ini juga memiliki kemampuan waktu recharge light yang cepat dan efektif, yaitu sekitar 1,2 detik pada output penuh, dan 0,1 detik pada 1/1024 microflash.

Selain mode lampu kilat otomatis E-TTL II/ E-TTL dan lampu kilat manual, Speedlite EL-5 dilengkapi dengan mode lain untuk memenuhi maksud dan situasi yang berbeda. Ini termasuk mode sinkronisasi multi-flash dan kecepatan tinggi, dan bahkan mode kustom untuk menyimpan dan mengingat pengaturan preset.

PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk Canon di Indonesia memasarkan Lensa Canon RF 135mm f/1.8L IS USM dengan harga Rp45.300.000 (belum termasuk ppn) dan Canon Speedlite EL-5 dengan harga Rp 8.999.000 (sudah termasuk ppn).

BACA SELANJUTNYA

Dukungan Canon pada Program PhotoVoice di Yayasan Anak Unik, Sokong Minat Fotografi Anak Berkebutuhan Khusus