Selasa, 30 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 21 Desember 2022 | 17:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple dilaporkan kembali memindahkan produksi gadget mereka dari China ke negaa lain. Paling baru disebutkan kalau Apple akan memindahkan produksi MacBook ke Vietnam.

Perusahaan itu untuk pertama kalinya akan memproduksi MacBook di Vietnam paling cepat pada tahun depan, seperti dilaporkan Nikkei Asia dikutip dari Macrumors, Rabu (21/12/2022).

Menurut laporan tersebut disebutkan kalau seorang sumber yang tidak disebutkan telah diberi pengarahan soal pemindahan produksi MacBook dari China ke Vietnam.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa Apple telah meminta Foxconn untuk mulai membuat MacBook di negara tersebut paling cepat sekitar Mei mendatang.

Foxconn Taiwan diberikan lisensi pada Januari 2021 untuk membangun pabrik senilai 270 juta Dolar AS di Vietnam dengan tujuan khusus untuk memproduksi MacBook dan iPad.

Pabrik Baru di Vietnam

Dilaporkan juga kalau dibangun pabrik baru yang dikembangkan oleh Fukang Technology, akan berlokasi di provinsi Bac Giang, Vietnam utara.

Setelah selesai pembangunan, lokasi tersebut diproyeksikan mampu memproduksi delapan juta laptop dan tablet setiap tahunnya.

Di sana pula diprediksi akan menjadi lokasi perakitan MacBook dari Apple nantinya.

Makin Banyak Produk Apple Diproduksi di Luar China

Laporan ini juga menampah lokasi produksi produk Apple di luar China. Seperti iPhone yang mulai diproduksi di India untuk beberapa seri.

Apple telah menambah lokasi produksi di luar China untuk semua lini produk utamanya, untuk mendiversifikasi rantai pasokannya, dengan Vietnam menjadi penyumbang utama.

Produksi MacBook membutuhkan waktu lebih lama untuk ditransfer karena melibatkan rantai pasokan yang rumit.

Bersamaan dengan perpindahan produksi Apple Watch dan MacBook ke Vietnam, Apple juga dikatakan berpotensi memindahkan produksi HomePod ke negara tersebut.

Kita nantikan saja apakah sampai pembangunan pabrik selesai, apakah Apple meminta Foxconn Taiwan memindahkan produksi MacBook ke Vietnam tahun depan. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Nggak Nyangka, Chipset Snapdragon 8 Gen 2 Ternyata Lebih Mahal dari A16 Bionic