Jum'at, 31 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 22 Desember 2022 | 14:01 WIB

Hitekno.com - Netflix akan menindak tegas aksi sharing password atau pembagian kata sandi yang dilakukan pengguna. Sehingga tidak lagi ada sharring akun Netflix nantinya.

Dikutip dari The Wall Street Journal, Netflix akan menindak sharing password ini mulai awal 2023 mendatang.

Ada desas-desus terus-menerus tentang berakhirnya pembagian kata sandi dan Netflix telah mencari metode untuk menindaknya, tetapi perubahan tersebut akan secara resmi mulai berlaku tahun depan.

Netflix telah lama mengetahui bahwa berbagi kata sandi atau sharing password adalah masalah yang memengaruhi keuntungannya.

Dengan penurunan pendapatan tahun ini dan hilangnya pelanggan pertama Netflix dalam 10 tahun, CEO Netflix Reed Hastings memutuskan sudah waktunya untuk bertindak atas masalah tersebut, yang telah ditunda terlalu lama.

Mulai 2023, Netflix berencana meminta orang yang berbagi akun Netflix dengan orang lain di luar rumah tangganya untuk membayar.

Netflix telah menguji pembayaran tambahan untuk berbagi password di beberapa negara Amerika Latin, mengenakan biaya tambahan sekitar 3 Dolar AS.

Ilustrasi Netflix. (Unsplash/ Sayan Ghosh)

Di negara-negara ini, pemilik akun utama harus memberikan kode verifikasi kepada siapa pun di luar rumah tangga yang ingin mengakses akun tersebut, dengan Netflix berulang kali meminta kode tersebut hingga biaya bulanan dibayarkan untuk menambah pelanggan non-rumah tangga.

Taktik serupa dapat digunakan di Amerika Serikat, dengan Netflix mungkin membebankan biaya tepat di bawah biaya paket 6,99 Dolar AS yang didukung iklan untuk pelanggan non-rumah tangga yang berbagi paket seseorang.

Dilansir laman Macrumors, Kamis (22/12/2022), Netflix ingin mereka yang memiliki kata sandi bersama untuk mendaftar langganan mereka sendiri.

Netflix akan memberlakukan aturan sharing password melalui alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun Netflix. Agar tidak mengasingkan pelanggan, Netflix mungkin perlahan-lahan menghentikan pembagian kata sandi daripada menghentikannya sekaligus.

Salah satu metode yang dilaporkan Netflix pertimbangkan adalah menambahkan konten bayar-per-tayang yang dapat membuat pengguna tidak ingin membagikan kata sandi mereka dengan orang-orang yang mungkin menyewa konten, tetapi Netflix akhirnya memutuskan untuk tidak melakukannya.

Ketentuan layanan Netflix tidak pernah mengizinkan berbagi multi-rumah tangga, tetapi Netflix telah melihat ke arah lain begitu lama sehingga menerapkan biaya untuk menawarkan akses akun Netflix ke teman dan keluarga dapat mengecewakan beberapa pelanggannya.

Diperkirakan 222 juta rumah tangga yang membayar sharing password dengan 100 juta rumah tangga tambahan yang ingin dimonetisasi oleh Netflix.

Harga pada paket Netflix termasuk menonton di beberapa perangkat yang didukung selain memengaruhi kualitas streaming, tetapi Netflix tidak ingin banyak pemirsa menonton di luar rumah yang sama.

Paket premium Netflix, misalnya, memungkinkan streaming Ultra HD 4K dan dukungan untuk menonton di empat perangkat yang didukung seperti iPhone, iPad, dan Mac sekaligus, selama perangkat tersebut dimiliki oleh orang-orang di rumah yang sama. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Sinopsis One Piece Live Action, Siap Tayang 31 Agustus 2023