Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 25 Desember 2022 | 20:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sharing password atau berbagi kata sandi bisa berakhir dengan tuntutan pidana jika kalian melakukannya di Inggris. Lembaga berwenang baru saja mengeluarkan pedoman anyar terkait pelanggaran hak cipta pada Senin (19/12/2022).

Mengakses aplikasi dan membagi password tanpa membayar serta berlangganan dapat dinyatakan bersalah di mata hukum.

Intellectual Property Office atau Kantor Kekayaan Intelektual (IPO) telah memberikan peringatan kepada orang-orang yang mengakses aplikasi tanpa membayarnya.

"Mengakses aplikasi tanpa membayar biaya langganan adalah pelanggaran hak cipta dan Anda melakukan kejahatan," bunyi salah satu pernyataan dari IPO.

Pernyataan tersebut tertuang pada kampanye bersama Meta untuk memberikan panduan kepada orang-orang agar menghindari barang bajakan dan palsu secara online.

Ilustrasi Netflix. (Unsplash/Charles Deluvio)

Salah satu kampanye mengungkapkan potensi pidana pada orang-orang yang sering melakukan sharing password.

Menurut laporan The Guardian, IPO awalnya secara eksplisit menggunakan frasa "berbagi kata sandi pada layanan streaming" dalam panduan yang diterbitkan pada Senin, tetapi mereka kemudian mengubah frasa tersebut menjadi "mengakses, tanpa membayar langganan".

IPO mengatakan praktik berbagi kata sandi adalah pelanggaran pidana dan perdata. Secara teori, mereka yang melakukannya dapat menghadapi tuntutan hukum.

“Ada berbagai ketentuan dalam hukum pidana dan perdata yang mungkin berlaku dalam kasus berbagi kata sandi yang tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna mengakses karya yang dilindungi hak cipta tanpa pembayaran,” kata juru bicara IPO dikutip dari The Guardian dan Newsweek.

Penyedia layanan (termasuk Netflix) bisa melayangkan tuntutan ke pengadilan bagi mereka yang melakukan sharing password serta mengakses aplikasi tanpa membayar.

Menurut lembaga IPO di Inggris, orang yang berbagi kata sandi juga membuka diri terhadap tuntutan pidana karena melanggar "pelanggaran hak cipta sekunder".

Dalam undang-undang Inggris Raya, pelanggaran hak cipta primer mengacu pada reproduksi ilegal kekayaan intelektual, tetapi jenis sekunder memerlukan pengetahuan tentang pelanggaran, seperti membagikan atau menggunakan kata sandi Netflix seseorang secara sengaja.

Sejauh ini belum terdapat kasus mengenai seseorang yang dipenjara karena berbagi password mengingat Netflix tak melayangkan tuntutan. Meski begitu, Netflix mengungkap bahwa mereka akan bertindak lebih tegas kepada orang-orang yang mengakses aplikasi tanpa membayar di tahun depan.

BACA SELANJUTNYA

GrabCar Hadirkan Fitur Mode Hening, Perjalanan Lebih Tenang dan Minim Interaksi